Daily Archives: July 10, 2020

Dandim dan Kapolres Lotim Cek Kesiapan Pasar Menuju Era New Normal

7be31228-5404-4b60-93ca-fbb47c6e5aa6

Lombok Timur – Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., bersama Kapolres Lotim AKBP Tunggul Senatrio, S.IK., dan rombongan mengecek kesiapan pasar Pancor Kecamatan Selon dan Pasar Baru Masbagik Kecamatan Masbagik Lombok Timur menghadapi era new normal life, Jumat (10/7).

Kehadiran petinggi TNI Polri di Kabupaten Lombok Timur tersebut disambut Danramil dan Kapolsek masing-masing lokasi pasar bersama Kepala Pasar setempat.

Disela-sela pengecekan, Dandim 1615/Lotim dan Kapolres berdialog dengan para pedagang serta mengingatkan para pedagang dan pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker agar mengikuti ketentuan protokol kesehatan Covid-19.

“Ini untuk kebaikan kita bersama, karena masker memang baik untuk kesehatan. Bukan hanya karena takut tertular virus corona, tapi juga dapat memfilter atau menyaring debu dari udara yang dihirup untuk pernapasan,” ujar Dandim.

Agus Donny juga menyampaikan kehadirannya di Pasar sebagai tindak lanjut dari keinginan pemerintah untuk menerapkan era tatanan baru atau new normal di seluruh Kabupaten Kota yang diawali dengan pendisiplinan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

“Jadi pendisiplinan masyarakat ini merupakan pra dari penerapan new normal. Untuk itu, mari kita dukung kebijakan pemerintah mulai dari diri kita, keluarga kita dan masyarakat secara luas tentunya dengan saling mengingatkan,” ajak mantan Danyonif 742/SWY tersebut.

“Mari kita lawan virus corona ini dengan mentaati ketentuan protokol kesehatan Covid-19 dengan harapan terbebas dari penyebaran dan penularan virus corona dan new normal segera dapat rasakan bersama,” tutup Agus Donny sambil menyapa para pedagang dan pengunjung.

Dilokasi juga terlihat Satgas tim terpadu pengawasan protokol kesehatan Covid-19 dari Koramil, Polsek, Satpol PP, Dinas Kesehatan, instansi terkait dan petugas pasar setempat.

Guna Patuhi Protokol Kesehatan, Kodim 1607/Sumbawa Mengerahkan Jajarannya Mendisiplinkan Masyarakat

18cf1387-c836-4224-b313-e93a8e6c30ec

Sumbawa – Kodim 1607/Sumbawa mengerahkan Jajarannya dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Koramil Jajaran Kodim 1607/Sumbawa yakni Koramil 02/Empang yang melaksanakan kegiatan pendisiplinan di Pasar Plampang, Koramil 04/Alas melaksanakan pendisiplinan masyarakat di Pasar Alas, Alas Barat dan Pasar Buer. Sedangkan Koramil 06/Lape Lopok melaksanakan pendisiplinan di Pasar Langan, Koramil 07/Lunyuk melaksanakan pendisiplinan di Pasar Desa Pada Suka serta Koramil 09/Utan Rhee melakukan pendisiplinan masyarakat di Pasar Utan. Jumat (10/07).

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE, M.Sc., dilain tempat dalam kegiatan yang sama mengatakan kegiatan pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sangat penting dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Pendisiplinan masyarakat tentang protokol kesehatan ini sangat penting untuk kita lakukan, sehingga saya memerintahkan seluruh personel Jajaran Kodim 1607/Sumbawa mendukung upaya edukasi masyarakat tersebut dengan melakukan penegakan disiplin masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan, dalam menekan laju perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa,” tegas Dandim.

Secara umum permasalahan menonjol yang ditemukan yaitu masih banyak warga masyarakat yang belum disiplin mematuhi protokol kesehatan dalam situasi Pandemi Covid-19, masih terdapat masyarakat yang tidak menggunakan masker dan juga berkerumun tidak menjaga jarak.

“Kita memang harus lebih intensif lagi bersama semua aparat terkait untuk melakukan pengawasan, sehingga perlahan masyarakat akan menyadari pentingnya protokol kesehatan demi keselamatan dan kenyamanan kita semua serta mengingatkan Pandemi Covid-19 sampai saat ini masih mewabah,” ungkap Dandim.

Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Dandim 1607/Sumbawa Turun ke Lokasi Pasar

020c3d9c-269d-454f-b450-f7203a8e4deb

Sumbawa – Upaya dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan menjadi hal mendasar yang saat ini sedang difokuskan di berbagai tempat keramaian, demikian halnya di wilayah Kabupaten Sumbawa, Komandan Kodim 1607/Sumbawa dan Kapolres Sumbawa melakukan operasi pendisplinan protokol kesehatan di Pasar Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Jumat (10/07).

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE, M.Sc., saat dilokasi mengatakan bahwa dalam operasi ini, masyarakat yang berada di pusat perbelanjaan diimbau mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami tidak henti-hentinya untuk menghimbau kepada para pedagang dan masyarakat semua agar selalu menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, bagi para pedagang dan pengunjung pasar wajib menggunakan masker serta menyediakan hand sanitizer,” ucap Dandim.

bd4417bb-b186-4694-9687-0b75a40dee07

Tidak luput juga bagi para pedagang emperan yang berada di pinggir jalan diberikan imbauan agar mematuhi aturan mengenai jaga jarak antar penjual. “Pedagang dan pengunjung yang tidak mengenakan masker kita juga tegur dan kita berikan masker, lalu mengarahkan agar membiasakan mengenakan masker saat aktifitas diluar rumah,” ungkap Dandim.

Lanjut Dandim 1607/Sumbawa mengatakan untuk mengingatkan masyarakat maka pihaknya akan lebih intensif melakukan patroli gabungan dengan instansi terkait sehingga kegiatan pendisiplinan dapat efektif dan efesien.

“Kita ingin kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 agar dilaksanakan secara kontinyu dengan melibatkan aparat lintas sektoral sehingga masyarakat benar-benar disiplin menerapkannya dan mata rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus”, tutup Dandim.

Upaya Percepatan Putus Mata Rantai Covid-19, Danrem 162/WB Pimpin Patroli Gabungan Susuri Beberapa Titik Keramaian Wilayah Mataram

IMG-20200710-WA0011

Mataram – Situasi perkembangan covid-19 yang cukup tinggi di wilayah Kota Mataram menjadikan fokus perhatian Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat untuk lebih serius dalam penanganannya, sehingga membutuhkan peran aktif seluruh pihak yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19.

Terkait hal itu, selaku Wakil Ketua Satgas percepatan penanganan penyebaran Covid-19 prov NTB, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., memimpin Patroli Gabungan TNI-Polri dalam rangka penertiban dan pendisiplinan masyarakat untuk memutus mata rantai Penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Mataram, Kamis (9/7/2020).

IMG-20200710-WA0018

Sebelumnya, Pada apel gelar pasukan patroli gabungan Kamis malam itu di Mapolresta Mataram, Danrem 162/WB dalam arahannya menyampaikan, selaku Satgas penanganan Covid-19 kita memiliki fungsi, tugas dan tanggungjawab mengimbau serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan memerangi wabah covid-19, maka malam ini akan dilaksanakan patroli penertiban untuk mendisiplinkan masyarakat guna menekan dan meminimalisir tingkat kerawanan dan angka positif covid-19 di wilayah kota Mataram.

IMG-20200710-WA0014

“Langkah kita adalah langkah Persuasif, edukatif, laksanakan patroli dengan tertib, tidak arogan dan tidak ugal-ugalan, jangan ragu-ragu, ingatkan dan berikan pemahaman kepada masyarakat dengan sopan santun, ucapkan salam dan permohonan maaf sehingga mereka bisa menerima apa yang kita arahkan,” ujarnya.

IMG-20200710-WA0017

Setelah itu Danrem 162/WB memimpin pelaksanaan patroli bergerak dari Polresta Mataram mendatangi para pedagang dan pemilik cafe di Jl. Udayana, Caffe Acibara Jl. Sudirman, Caffe Dapur Fie dan Nyoman Caffe Jl. Bung Hatta, Upnormal Caffe Jl. Bung Karno, pusat perbelanjaan Cakranegara Jl. Pejanggik, McDonal, Angkringan Bejo, dan White House Project Jl. Sriwijaya, terakhir menuju komplek perbelanjaan Jl. Majapahit Kota Mataram, selanjutnya kembali ke Polres Mataram.

IMG-20200710-WA0012

Di Beberapa tempat yang didatangi pada kegiatan patroli tersebut, Brigjen TNI Rizal Rhamdhani didampingi Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, Kasiintel Kasrem 162/WB Letkol Inf Setiya Asmara, S.IP., Kasiops Kasrem 162/WB Kolonel Inf Susilo, S.Sos., Kasat Sabara Polresta Mataram AKP Sumadra, SH., MH., dan Ka SPKT Polresta Mataram Iptu Made Pasek mengimbau kepada para pemilik Cafe dan para pedagang untuk mematuhi dan mengikuti protokol Covid-19, mengecek suhu tubuh para pengunjung, menyediakan tempat untuk cuci tangan serta menutup Cafe dan dagangan setiap pukul 22.00 Wita.

IMG-20200710-WA0008

Sedangkan kepada pengunjung dan masyarakat dihimbau agar mematuhi aturan pemerintah, tidak keluyuran tengah malam, dan kembali ke rumah karena sudah melewati pukul 22.00 Wita.