Daily Archives: July 13, 2020

Sasaran Fisik TMMD 108 Sumbawa Barat Capai Progres Yang Signifikan

IMG-20200713-WA0030

Sumbawa Barat – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 yang dilaksanakan di Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat telah memasuki hari ke 13.

Hingga Senin (13/7), enam sasaran fisik yang dibangun para personil TNI, dibantu Polri dan masyarakat setempat di TMMD ini menunjukan peningkatan yang signifikan.

Bahkan pencapian tersebut menuai pujian dari sejumlah tokoh masyarakat dan Kepala Desa setempat.

“Alhamdulillah kami senang melihat progres pembangunan yang sangat cepat ini,” ungkap Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin, yang ditemui di lokasi TMMD, Senin.

IMG-20200713-WA0029

Menurutnya progres yang baik ini dapat dicapai karena semangat yang tak pernah pudar yang diperlihatkan personel TNI, Polri, karyawan Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

“Masyarakat di sini sangat senang dengan pencapaian ini, sangat cepat,” ungkap Kades.

Hingga hari ini, perkembangan pembangunan sasaran fisik seperti pembukaan jalan strategis berukuran panjang 970 meter dan lebar empat meter telah mencapai 56 persen.

Sementara pembangunan talud sepanjang 200 meter mencapai 72 persen dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) 50 persen serta rehab satu unit RTLH mencapai 48 persen.

IMG-20200713-WA0028

Dua sasaran fisik yang menunjukan progres yang sangat siginifikan adalah pembangunan masjid berukuran 15 X 12 meter di Dusun Batu Melik yang telah mencapai 68 persen dan pembuatan plat deker 86 persen.

Selain sasaran fisik, tiga sasaran non fisik telah dilakukan yakni penyuluhan tentang penanggulangan penyebaran covid-19, sosialisasi pemasangan tempat cuci tangan dan sosialisasi cara hidup sehat.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD 108 Kodim 1628/SB, Letkol CZI Eddy Oswaronto ST saat ditemui di Taliwang, Senin, mengapresiasi personel TNI Polri dan masyarakat yang bahu-membahu bergotong royong dalam pembangunan program TMMD.

“Alhamdulillah, ini berkat kerjasama anggota dan masyarakat sehingga pembangunannya menunjukan perkembangan yang signifikan,” ungkap Eddy.

Ia berharap, semangat dan sinergitas anggota TNI, Polri dan masyarakat ini terus dilakukan sehingga pembangunan dalam TMMD ini dapat diselesaikan sebelum target yang ditetapkan yakni 29 Juli 2020 mendatang.

“Jaga terus semangat dan sinergitas ini, walaupun TMMD selesai, semangat ini harus tetap ada,” tutur Dandim.

Ini Penekanan Danrem 162/WB Saat Pimpin Sidang Parade, Catar Akademi Militer 2020 Sub Panda NTB

IMG-20200713-WA0017

Mataram – Sebanyak 29 peserta seleksi Calon Taruna Akademi Militer TA. 2020 Sub Panda NTB melaksanakan Sidang Parade Tingkat Pertama dipimpin langsung oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani., S.Sos. S.H. M.Han., bertempat di Gedung Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (13/7/2020).

Sejak tanggal 2 Juli sampai 12 Juli 2020 para peserta telah mengikuti beberapa tahap seleksi tingkat pertama yang terdiri dari pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, tes kesemaptaan jasmani dan postur.

Saat membuka sidang parade, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani., S.Sos. S.H. M.Han., menyampaikan, TNI Angkatan Darat senantiasa berupaya untuk memperbaiki SDM dan kualitas Prajurit. Oleh karena itu, Pimpinan TNI memberikan atensi yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia secara dini melalui tahap penyaringan yang meliputi Aspek Administrasi, Kesehatan, Mental Ideologi, Psikologi, Kemampuan Jasmani guna memperoleh calon prajurit yang potensial, cerdas dan memiliki integritas kepribadian serta kemampuan fisik yang prima dan mampu mendukung pelaksanaan tugas TNI dimasa depan.
IMG-20200713-WA0015

“Untuk mendapatkan kriteria yang telah ditetapkan, maka dalam setiap proses penyaringan dilaksanakan secara selektif, obyektif dan transparan,” ucapnya.

Lebih lanjut Danrem menjelaskan, Sidang Parade yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mendapatkan calon Taruna Akademi Militer yang berkualitas dan memenuhi semua aspek persyaratan yang ditetapkan oleh Pimpinan TNI, maka obyektivitas harus kita jadikan sebagai acuan utama, sehingga dalam kegiatan parade ini dapat menghasilkan keputusan yang adil, jujur, obyektif, transparan dan akuntabel.

IMG-20200713-WA0014

“Kita hanya menginginkan calon berkualitas, memenuhi persyaratan dan yang terbaiklah berhak lulus,” tegasnya.

Terkait hal itu, Danrem mengungkapkan bahwa dari 29 peserta seleksi Sub Panda NTB yang diparadekan hari ini akan dipilih 24 orang terbaik untuk mengikuti seleksi Panda Kodam IX/Udayana di Denpasar bersama dengan peserta seleksi lain yang berasal dari Bali dan NTT.

“Tentunya akan menjalani pemeriksaan yang lebih ketat, berkompetisi dengan pesaing-pesaingnya dari daerah lain untuk lolos ke seleksi tingkat pusat di Magelang,” pungkasnya.

Melalui sidang parade ini, Danrem berharap nantinya dapat menyaring dan menghasilkan Calon-calon Taruna Akmil terbaik yang benar-benar memiliki kualitas dan memenuhi semua aspek persyaratan yang ditetapkan oleh Pimpinan TNI, sehingga mereka yang akan menjadi duta NTB dapat bersaing ketat dengan peserta-peserta dari daerah lain pada seleksi tahap berikutnya di tingkat Panda dan tingkat pusat.