Daily Archives: July 17, 2020

TMMD 108 Sumbawa Barat, Hampir Rampung, Pembuatan Plat Deker Capai 98 persen

IMG-20200717-WA0043

Sumbawa Barat – Pembuatan Plat Deker di jalan strategis pada kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 di Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea terlihat hampir rampung.

Bahkan plat deker tersebut terlihat telah digunakan oleh warga sekitar yang sekedar mencoba mengakses jalan untuk melihat lahan sawahnya.

“Pada hari ke 18 ini pembangunan plat deker di jalan strategis atau jalan usaha tani itu telah mencapai 98 persen,” ungkap Komandan Satuam Tugas (Dansatgas) TMMD 108, Letkol CZI Eddy Oswaronto ST di Taliwang, Jumat (17/7).

Pencapaian ini, tambah Dandim, lagi-lagi berkat sinergitas TNI Polri dan masyarakat yang tetap semangat dalam kegiatan TMMD.

Selain pembangunan plat deker yang menunjukan perkembangan yang memuaskan, pembuatan talud juga telah sampai pada angka 82 persen.

Sementara pembuatan satu unit masjid ukuran 15 x 12 meter di Dusun Batu Melik juga terus meningkat menjadi 70 persen dan pembukaan jalan strategis dengan panjang 970 meter dan lebar empat meter mencapai 64 persen.

Pembangunan satu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 58 persen dan Rehab satu unit RTLH mencapai 57 persen.

Sementara tiga kegiatan non fisik telah sukses dilaksanakan yakni penyuluhan tentang penanggulangan penyebaran covid-19, sosialisasi pemasangan tempat cuci tangan, dan sosialisasi cara hidup sehat yang dilakukan oleh TNI bersama para mahasiswa dari Universitas Cordova dan Universitas Teknologi Sumbawa.

“Sebelum tanggal 29 Juli ini pembangunan fisik dan non fisik harus rampung, kita terus bersinergi bersama semua pihak untuk suksesnya kegiatan ini,” kata Dandim.

Dandim meminta sinergitas dan semangat yang telah diperlihatkan oleh TNI Polri dan masyarakat serta mahasiswa sejak awal TMMD tetap dipertahankan sampai selesai agar hasilnya nanti dapat maksimal.

Dalam TMMD ini, kurang lebih 200 orang terlibat dari TNI AD, TNI AL, Polri, Pemda, Pol PP, Zibang, masyarakat dan mahasiswa, membangun enam sasaran fisik dan beberapa sasaran non fisik.

“Tetap semangat, jangan pernah menyerah dan bosan, terus berbuat kebaikan untuk masyarakat,” ajak Dandim.

Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat dan Aman Dari Covid-19, Kodim 1614/Dompu Gelar Karya Bhakti

IMG-20200717-WA0019_2

Dompu – Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan aman dari covid-19, gabungan personel Kodim 1614/Dompu dipimpin Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom menggelar Karya Bhakti Jumat Bersih di Dusun O’o Barat Desa O’o, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Jumat (17/7/2020).

Hadir pada kesempatan ini, Camat Abdurahman SE beserta jajarannya, Kapolsek IPDA I Kadek Suadaya Atamaja, S.Sos diikuti seluruh personelnya, Kepala Desa Wawan Wiranto beserta jajarannya dan warga setempat dengan jumlah keseluruhan kurang lebih 100 orang.

Selain melakukan bersih-bersih, Ali Cahyono didampingi Pasiops Kapten Inf Hamzah dan Danunit Letda Inf Syaefudin juga membagikan masker gratis kepada warga yang ikut terlibat di dalam giat yang bertajuk Karya Bhakti Jumat Bersih ini.

Sebelum melakukan giat bersih, personel Karya Bhakti Jumat Bersih melaksanakan apel pengecekan kesiapan anggota dipimpin Letkol Inf Ali Cahyono, dan apel ini juga diikuti Camat Dompu dan Pemerintah Desa O’o.

Pada kesempatan tersebut, Letkol Inf Ali Cahyono menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan bergabung untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan yang telah dicanangkan tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada camat dan pemerintah desa yang mendukung kegiatan ini, sehingga yang hadir bisa maksimal sesuai dengan harapan kita semua,” ucapnya.

IMG-20200717-WA0035

Dikatakannya, meskipun pasien positif covid-19 di Kabupaten Dompu saat ini tidak ada atau nol persen, namun kita harus tetap waspada dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari khususnya saat keluar rumah dan berkomunikasi dengan orang lain di luar rumah.

“Sekarang kita sudah berada dalam era new normal, namum kita tetap mengingatkan kepada keluarga kita agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sesuai protap Covid-19,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan itu merupakan salah satu upaya pencegahan atau memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 lebih khusus di Bumi Nggahi Rawi Pahu, dan virus ini juga telah menimbulkan keresahan warga.

Terkait hal itu, Ali Cahyono berharap agar seluruh pihak terkait yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Dompu tetap aktif mengimbau masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari, sehingga masyarakat selalu sehat aman dari virus yang meresahkan itu.

Pada hari yang sama, Kodim Dompu juga melaksanakan Kegiatan jumat berkah memberikan sembako kepada para orang tua lanjut usia atau kurang mampu di desa O’o kecamatan Dompu sebagai bentuk kepedulian sekaligus memupuk kembali jiwa gotong royong serta mempererat tali silaturahmi antara personil kodim 1614/Dompu dengan masyarakat.

Korem 162/WB Tingkatkan Silaturahiim Guna Cegah Dan Minimalisir Transmisi Lokal Covid-19 Melalui Komsos Dengan Komponen Masyarakat

98c78ddc-aca2-4e48-9e39-ddf60dc20f4c

Mataram – Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu tanda ketaqwaan seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Allah SWT bahkan menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya, khususnya dengan orang tua, kerabat dan anggota keluarga.

Sebagai mahluk sosial kita tidak dapat terlepas dari kegiatan sosialisasi. Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga akan tercipta suasana yang aman, nyaman dan damai. Banyak permasalahan terjadi di masyarakat yang disebabkan kurangnya komunikasi antar masyarakat atau yang sering disebut dengan miskomunikasi.

Hal itu disampaikan oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, dalam sambutannya saat membuka kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Jumat (17/7/2020).

e75eeb61-ff27-42f8-9efe-55cdd3675334

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan tidak hanya sebagai ajang silaturrahmi, namun juga untuk memelihara dan meningkatkan keakraban hubungan antara Korem 162/WB dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga akan memperkuat hubungan emosional antara TNI dan seluruh elemen bangsa, guna terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera.

“Perlu diketahui, bahwa tugas pokok TNI dalam Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yaitu TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara,” jelasnya.

Peran tersebut, lanjut Danrem, dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

cff7a16b-a784-4abe-99ed-f6d3747d8878

Menurutnya, pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini, seperti wabah covid-19 yang hingga saat ini masih melanda di berbagai wilayah Indonesia, bahkan yang menjadi trend penyebarannya saat ini adalah melalui transmisi lokal, bukan lagi migran atau pendatang.

“Covid-19 ini adalah pendemi dunia, dengan pandemi dunia ini khususnya NTB, Kota Mataram sampai saat ini menjadi penyumbang Covid-19 hampir 60% di NTB, maka diperlukan peran Toga, Todat, Tomas dan Tokoh pemuda untuk melakukan sosialisasi dan pendisiplinan protokol covid-19 kepada masyarakat,” punkasnya.

Untuk itu, Brigjen Rizal Ramdhani berharap, melalui kegiatan tersebut para tokoh yang hadir dapat menjadi motivator bagi masyarakat lainnya, sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat untuk lebih peduli dengan sesama serta peduli dengan keutuhan bangsanya. TNI khususnya Korem 162/WB berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat guna kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara.

“Mari kita bangkit bersama, dan bekerja keras untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, khususnya di wilayah NTB, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal, Perekonomian lancar, keamanan terjaga, dan masyarakat sejahtera, untuk menuju NTB gemilang,” ajak Alumni Akmil 1993 itu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Rizal Ramdhani menyampaikan kepada seluruh peserta Komsos untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, selain untuk memperoleh ilmu juga untuk berdiskusi agar berbagai permasalahan yang terjadi khususnya di wilayah kita dapat terselesaikan dengan baik.

Hadir pada acara tersebut Kasrem 162/WB dan Para Kasi Korem 162/WB.

Danrem 162/WB : Kembalikan Fungsi Sungai Dan Cegah Bencana Banjir Melalui Karya Bakti TNI

000a532d-7d10-47da-80df-8f4257bf44d9

Lombok Barat – Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, memimpin upacara pembukaan Karya Bhakti Restorasi Sungai Kodim 1606/Lobar, bertempat di Desa Sekotong Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Jumat (17/7).

Kegiatan restorasi sungai yang dipusatkan di Desa Sekotong bertujuan untuk mengendalikan daya rusak air, sehingga dapat mencegah dan mengantisipasi terjadinya banjir, terutama di daerah aliran sungai Jelateng dan daerah aliran sungai Telaga Lebur.

Pada kesempatan itu, Danrem 162/WB dalam amanatnya mengatakan, kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan secara gotong royong ini merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Dinas PUTR Lombok Barat, BWS NT 1, Dinas PU Prov. NTB dan masyarakat, dipilihnya dua aliran sungai yang berada di Dusun Kambeng dan Dusun Sekotong Tengah Desa Sekotong Kecamatan Lembar ini, karena menurutnya kondisi kedua sungai tersebut sudah memperihatinkan.

b66c2179-ad13-46f0-a535-3498a9d8a5e5

“Kondisi sungai yang tidak terlalu lebar dan sudah mulai dangkal mengakibatkan aliran sungai tidak mampu lagi menampung debit air hujan yang melebihi batas sungai, ditambah dengan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai sehingga menyebabkan terjadinya banjir,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, kegiatan restorasi sangat dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi sungai dan mencegah terjadinya banjir, maka dalam pelaksanaannya nanti akan dilakukan penggalian sidemen sungai sepanjang 1.280 meter dan pemasangan bronjong di dua aliran sungai tersebut.

Brigjen Rizal Ramdhani berharap, dengan dilaksanakan kegiatan restorasi sungai ini, kedepan tidak terjadi lagi banjir seperti tahun-tahun sebelumnya yang merendam lima dusun dan merusak persawahan yang ada di wilayah Sekotong Tengah dan Sekotong Timur.

“Selain itu, kesadaran masyarakat untuk tidak menebang pohon secara liar dan tidak membuang sampah di sungai juga menjadi salah satu hal yang harus selalu diingat agar sungai tidak tersumbat,” pungkasnya.

5909f98a-03ce-4f7a-8f3f-4e96b471030d

Terkait hal itu, Rizal Ramdhani mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat setempat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam di wilayah Desa Sekotong, tidak membuang sampah dalam bentuk apapun di sungai, tidak menebang pepohonan, sehingga dapat menjaga kelestarian sumber daya air yang berfungsi bagi masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan seperti untuk air baku, air irigasi dan fungsi lainnya.

“Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam, demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa mendatang,” ajak alumni Akmil 1993 itu menutup amanatnya.

Adapun rencana waktu pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti selama 60 hari mulai tanggal 17 Juli sampai dengan 14 September 2020 dengan sasaran Fisik diantaranya di Desa Sekotong Timur berupa normalisasi sungai Galian Sediman (sungai Jelateng) sepanjang 220 meter, lebar 16 meter dan tinggi 4 meter serta perkuatan tanggul sungai sepanjang 220 meter dan pemasangan bronjong sepanjang 55 meter. Kemudian di Desa Sekotong Tengah normalisasi sungai Galian Sedimen (sungai Telaga Lebur) sepanjang 1.279 meter, lebar 15 meter dan tinggi 3 meter serta pembuatan talud dan pemasangan bronjong sepanjang 44 meter.

Sedangkan rencana sasaran Non Fisik, berupa penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan Bela Negara dari Kodim 1606/Lobar, penyuluhan penanganan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat dan Penyuluhan tentang penerapan hidup sehat di masa pandemi covid-19 oleh tim gabungan Kodim 1606/Lobar bersama Dinas Kesehatan Lombok Barat

Hadir mengikuti kegiatan tersebut Dandim 1606/Lobar Kolonel Arm Gunawan, S.Sos. M.T, Bupati Lombok Barat H. fauzan Khalid, S.Ag, Wakil Bupati Lombok Barat Ibu Hj. Sumiatun, Kapolres Lobar AKBP Bagus, Kadis PU Kabupaten Lombok Barat.