Daily Archives: July 23, 2020

Danrem : Korem 162/WB Dan Jajaran Dukung Gelar Operasi Gatarin 2020 Polda NTB

2372

Mataram – Polda NTB menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Gatarin 2020 dalam rangka cipta kondisi Kamtibcarlantas Paska Idul Fitri 1441 H ditengah merebaknya Covid-19 Pada Masa New Normal yang akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli s/d 5 Agustus 2020, bertempat di lapangan Gajah Mada Polda NTB, Kamis (23/7).

Selaku pimpinan apel, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K. M.H., dalam amanatnya menyampaikan bahwa dengan dimulainya adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi covid-19 diharapkan mampu memacu kembali pertumbuhan ekonomi di NTB, peran di bidang lalu lintas cukup signifikan dalam mengawal diterapkannya adaptasi kebiasaan Baru ini, bagaimana mengajak pengguna jalan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam berkendaraan sekaligus menekan jumlah angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan juga menekan jumlah pelanggaran.

Oleh karena itu, Kapolda memerintahkan kepada semua petugas yang terlibat pada operasi patuh tahun 2020 untuk lebih militan dan aktif melakukan penegakan hukum terhadap Tiga jenis pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran dan target operasi yang ditetapkan oleh Polda NTB meliputi pelanggaran penggunaan helm, pelanggaran kendaraan barang mengangkut orang dan pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan.

Kapolda menghimbau, agar operasi patuh dilaksanakan dengan mengedepankan upaya persuasif humanis, menggunakan bahasa-bahasa yang santun dan sopan serta mengedepankan tindakan preventif, edukatif kepada masyarakat dengan cara konvensional maupun memanfaatkan teknologi informasi atau melakukan tindakan pencegahan yang inovatif yang bisa diterima oleh masyarakat dan mampu mengubah perilaku masyarakat untuk menjadi tertib maupun melakukan himbauan-himbauan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan Baru.

2373

Sedangkan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han., usai mengikuti apel tersebut menyampaikan, bahwa Korem 162/WB beserta jajaran siap mendukung Operasi Gatarin 2020 yang digelar Polda NTB, karena selain untuk menegakkan aturan, memeriksa kelengkapan kendaraan, juga untuk kenyamanan, keamanan ketertiban serta keselamatan dalam berkendara di jalan raya.

Untuk itu diimbau kepada keluarga besar korem 162/WB serta setiap pengendara agar tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, mengingat yang menjadi prioritas sasaran dan target operasi yang ditetapkan oleh Polda NTB meliputi pelanggaran penggunaan helm, pelanggaran kendaraan barang mengangkut orang dan pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan.

Namun selain itu, lanjutnya, sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap pengendara kendaraan bermotor harus menggunakan helm sesuai standarnya, membawa Surat Ijin Mengemudi (SIM) sesuai jenis kendaraan, termasuk kesiapan kendaraan seperti rem, kaca spion dan lampu kendaraan serta menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara kendaraan roda empat. “Knalpot, ban kendaraan juga harus standart dilengkapi dengan tutup pentil, dan tidak boleh menggunakan HP saat berkendara,” tambahnya.

Menurut Danrem hal positif lain dari Gelar operasi ini, selain bagian dari upaya meningkatkan kesadaran serta disiplin setiap pengendara juga untuk mencegah terjadinya tindak pidana pencurian ataupun pemalsuan surat-surat kendaraan, termasuk dalam mengedukasi protokol pencegahan covid-19 kepada masyarakat.

Dilanjutkannya, apabila surat-surat/Administrasi kendaraan atau kelengkapan pribadi habis masa waktunya agar segera diperbaharui, hal ini selain memang kita melaksanakan aturan dan ketentuan, tentunya membantu kelancaran berkendaraan di jalan dan tidak ada perasaan was-was, serta menjadi tauladan dalam membantu meningkatkan kesadaran disiplin dalam berlalu lintas.

Hadir mengikuti kegiatan tersebut Wakapolda, Dandim 1606/Lobar, Irwada Polda NTB, PJU Polda NTB, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Dandenpom Mataram, Kepala Kejaksaan Negeri Mataram, Ketua Pengadilan Negeri Mataram, Kepala Dishubkominfo Prov NTB, Kapala Dikkes NTB, Kepala Bappeda NTB, Kepala Kesbangpoldagri NTB, Kepala PT Jasa Raharja NTB, Kepala PT BRI cab. Mataram, PJU, Kapolresta Mataram.

Optimalisasikan Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Danrem 162/WB Ikuti Webinar bersama Gugus Tugas se Bali-Nusra

IMG-20200723-WA0028

Mataram – Webinar atau web-seminar ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Gugus Tugas dalam rangka menegakkan disiplin masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan dalam penanganan dan penanggulangan Pandemi Covid-19 di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara.

Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengawali sambutannya pada saat membuka kegiatan Webinar bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 se Provinsi Bali dan Nusa Tenggara di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, pada Kamis (23/7/2020).

Webinar yang mengusung tema “Optimalisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Guna Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru di Wilayah Bali-Nusra”, dimoderatori langsung oleh Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang OMP Kolonel Czi Made Tirka Nurgaduh, S.I.P.

Kegiatan Webinar dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Danpomdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kahubdam IX/Udayana dan Kainfolahta Kodam IX/Udayana.

Sejalan dengan tema Webiner, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., usai mengikuti acara Webinar bersama Pangdam IX/Udayana dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 se Provinsi Bali dan Nusa Tenggara di Ruang Data Makorem 162/WB, Kamis (23/7/2020).

Menyampaikan bahwa Korem 162/WB bersama Forkopimda tergabung dalam gugus satgas percepatan penanganan covid -19 NTB beserta jajarannya selalu berkoordinasi dan bersinergi secara terpadu melakukan upaya-upaya pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, dengan harapan masyarakat menjadi terbiasa disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dalam kehidupannya sehari-hari dan siap memasuki era kehidupan kebiasaan baru New Normal.

“Kami juga mengajak seluruh stakeholder, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun pemuda untuk ikut berperan aktif mendisiplinkan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Brigjen Rizal menjelaskan, bahwa kebijakan pemerintah menerapkan New Normal merupakan upaya untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat, bangsa dan Negara yang mulai terpuruk sebagai dampak dari pandemi covid-19, sehingga untuk bangkit kembali dari keterpurukan maka kita harus mengaktifkan kembali roda perekonomian mulai dari perdagangan, pariwisata, bisnis dan sebagainya.

“Maka dengan tertanamnya disiplin terhadap protokol kesehatan dalam diri masyarakat, Insyaa Allah kita siap bangkit dari keterpurukan dan perekonomian kita dapat segera membaik,” ujarnya.

Oleh sebab itu, alumni Akmil 1993 ini mengajak seluruh stakeholder terkait serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mendisiplinkan diri dan keluarga melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid-19, sehingga dalam tatanan kehidupan New Normal kita dapat melaksanakan aktifitas namun tetap menyadari bahwa virus ada sekitar kita, untuk itu penting Kesadaran diri terkait protokol Covid -19, sehingga kita tidak lagi disibukkan dengan kenaikan angka positif covid-19, tetapi kita bisa lebih focus kepada perbaikan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan Negara.

Hadir mendampingi Danrem dalam kegiatan tersebut, Kasrem 162/WB, Kasiintel Kasrem 162/WB, Kasiops Kasrem 162/WB, Kasiter Kasrem 162/WB, Dandenkesyah Mataram dan Pasilog Korem 162/WB.

Sendangakan di masing-masing satuan, institusi dan lembaga, Webinar diikuti oleh Danrem 161/WS, Danrem 163/WSA, Kapolda NTB, Sekda Provinsi Bali, NTB dan NTT, Danlantamal Kupang, Danlanal Denpasar, Danlanal Mataram, Danlanud Eltari Kupang, Danlanud ZAM Mataram, Danlanud Ngurah Rai Denpasar, Karo Ops Polda Bali NTB dan NTT, Kapolresta Denpasar, Mataram dan Kupang, para Dandim dan Kapolres jajaran se Bali-Nusra, Rektor UNUD, Dekan FK UNDANA dan Dekan FK UNRAM, Ketua PHDI Bali, Ketua MUI NTB dan Ketua Yayasan CBIM.