Daily Archives: July 29, 2020

Antisipasi Karhutla, Aparat Gabungan TNI Polri dan Polhut Cek Kondisi HKM Sekaroh

IMG-20200729-WA0016

Lombok Timur – Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), belasan aparat gabungan yang terdiri dari anggota Koramil 1615-04/Keruak, Polsek Jerowaru dan Polisi Kehutanan Kantor Resort Pengelolaan Hutan (RPH) melaksanakan pengecekan di kawasan hutan kemasyarakatan (HKM) Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, Rabu (29/7).

Adapun route patroli seusai melakukan pengecekan di Kantor RPH, aparat gabungan langsung menuju kawasan gubuk baru sampai di jepro.

Menurut cerita Danramil Keruak Kapten Inf Agil yang ikut pengecekan, selama patroli masih ditemukan adanya keinginan penggarap HKM untuk mendirikan mushala, namun sudah diberikan penjelasan dan pemahaman untuk tidak mendirikan bangunan permanen di lokasi HKM.

IMG-20200729-WA0018

Hal yang sama juga dilakukan sehari sebelumnya (Selasa, red), dan ditemukan salah seorang warga penggarap HKM yang sedang membersihkan lahan dengan cara memotong pohon jenis mimba dan sengon.

“Ini juga diberikan penjelasan dan peringatan untuk tidak merusak hutan dengan menebang pohon sembarangan,” ujar Agil.

Terpisah, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., mendapat laporan tersebut memberikan apresiasi atas sinergitas TNI Polri dan Dinas Kehutanan dalam menjaga kondisi hutan.

IMG-20200729-WA0017

Menurutnya, ini sebagai langkah positif dalam mengantisipasi musim kemarau atau kekeringan yang dapat membakar hutan dan lahan seperti tahun sebelumnya.

Namun demikian, kata Agus Donny, kita harua berupaya untuk mengantisipasinya dengan menjaga kelestarian hutan dan lingkungan termasuk tidak melakukan pembakaran di sekitar hutan dan lahan kering.

“Kalau upaya itu sudah kita lakukan, tinggal kita berdoa agar tidak terjadi musim kemarau panjang seperti sebelumnya sehingga kebutuhan air bersih tetap terpenuhi,” harapnya.

Pria kelahiran Magelang tersebut juga menginstruksikan kepada Koramil jajarannya untuk melakukan pengecekan dan pendataan wilayah yang rawan mengalami kekeringan dan kebakaran sehingga mudah dilakukan deteksi dan cegah dini termasuk penanganan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Resmikan Sasaran Fisik TMMD Ke-108 Sumbawa Barat, Danrem 162/WB : Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat Adalah Kekuatan Tak Ternilai

2977

Sumbawa Barat – Dalam kunjungannya ke lokasi TMMD 108 di Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) usai menutup secara resmi program tersebut, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menyampaikan apresiasi kepada Bupati KSB, H. W. Musyafirin dan masyarakat setempat.

Apresiasi itu disampaikan Danrem atas dukungan dan kerja keras masyarakat dalam suksesnya program TMMD 108 KSB hingga rampung 100 persen tepat waktu.

Danrem juga mengatakan bahwa TMMD 108 Sumbawa Barat ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada, di samping dukungan dan sinergitas masyarakat yang sangat tinggi, juga dibantu oleh para mahasiswa dari Cordova dan UTS Sumbawa.

“Ini adalah salah satu TMMD terbaik, kemanunggalan TNI dengan rakyat terlihat sangat tinggi di sini, ini adalah salah satu kunci suksesnya kegiatan ini,” ungkap Danrem.

2974
2978

Senjata Pamungkas yang paling ditakuti beberapa negara, tambah Danrem, bukan hanya alutsista modern, tetapi kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah kekuatan yang tidak ternilai.

“Inilah modal dasar dalam mewujudkan ketahanan wilayah guna mendukung terwujudnya Ketahanan Nasional Yang tangguh siap menghadapi setiap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri,” ucapnya.

“Untuk itu, ia meminta kemanunggalan TNI dan rakyat harus terus dipelihara dan ditingkatkan dimasa masa akan datang,” katanya lagi.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Cordova dan UTS atas dukungan serta kerja sama selama pelaksanaan Kegiatan TMMD 108 Kodim 1628/Sumbawa Barat sehingga semua Program TMMD baik sasaran Fisik dan Non fisik dapat tercapai tepat waktu.

“Semoga yang dibangun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

29711
29710

sejumlah sasaran fisik seperti pembukaan jalan usaha tani, selain untuk lancarnya transportasi juga bernilai ekonomis bagi petani.

Bahkan dengan adanya jalan tersebut yang dibuka TMMD biaya yang dikeluarkan petani yang biasanya harus membayar ongkos Rp25,000 saat mengangkut hasil panen dapat ditekan sehingga lebih murah.

Yang tidak kalah penting dari hasil capai sasaran fisik, adalah meningkatnya kemanungalan TNI Rakyat karena itulah sasaran utamnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati KSB H W Musyafirin, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Danrem 162/WB beserta jajarannya serta masyarakat Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea atas dukungan dan kerjasama membantu program pembangunan di TMMD.

2976

Menurutnya, dukungan Polri, tokoh masyarakat dan mahasiswa juga sangat luarbiasa dalam mendukung suksesnya TMMD sampai selesai.

“Terimakasih kepada TNI, semoga ini menjadi amal ibadah yang terbaik dan berbuah pahala di sisi Allah SWT,” katanya.

Dengan adanya pembangunan sasaran fisik yang dilakukan di TMMD akan lebih mempermudah masyarakat seperti pembangunan jalan strategis yang nantinya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat.

“Mudah-mudahan apa yang dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memelihara apa yang telah dibangun ini, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

Sementara itu, kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin juga mengucapkan terimakasih kepada Danrem 162/WB dan jajarannya yang telah menyetujui program TMMD ke 108 di Seminar Salit.

“Masyarakat kami sangat terharu, apa yang dibangun ini di luar perkiraan mereka, program TMMD sangat luarbiasa,” katanya.

Terimakasih juga untuk Bupati KSB, walau di tengah pandemi covid pekerjaan TMMD ini dapat dilaksanakan serta dengan bantuan anggaran dari APBD.

“Alhamdulillah walau di tengah pandemi covid-19 semuanya lancar,” katanya.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas TMMD 108 bersama anggota yang telah menyatu dan terus membimbing masyarakat selama TMMD.

Ia berharap semoga sinergitas ini tidak berhenti di sini saja, di waktu lain dapat terus terjalin dan ditingkatkan dengan baik.

“Banyak hal dan manfaat yang dapat kami rasakan pada program TMMD ini, terimakasih telah membangun desa kami, bakti ini tidak akan pernah dilupakan,” ungkapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kasiintel Kasrem 162/WB, Kasiops Kasrem 162/WB, Kasiter Kasrem 162/WB, Para Dandim jajaran Korem 162/WB, Kapolres KSB, Wakil Bupati KSB, Kajari KSB, jajaran Forkopimda KSB, Kapenrem 162/WB serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Seminar Salit Kec. Brangrea Kab. Sumbawa Barat.

TMMD Usai, Kades Seminar Salit : TNI Adalah Keluarga Kami

29715

Sumbawa Barat – Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 yang difokuskan di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Desa Seminar Salit.

Lebih dari satu bulan, anggota TNI dan masyarakat setempat berjibaku bergotong royong menyelesaikan program TMMD pertama sejak berdirinya Kodim 1628 KSB tersebut. Keakraban yang dibangun TNI kepada masyarakat setempat, membuat masyarakat tidak ada sekat dengan prajurit berbaju loreng tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin mewakili warganya pada ucapan kata hati usai ditutupnya kegiatan TMMD, Rabu siang (29/7).

Pandangan masyarakat kepada TNI sebelum adanya TMMD, adalah orang yang ditakuti. Tapi karena adanya TMMD, anak anak di Desa Seminar Salit tak segan berpelukan dengan TNI.

“Dandim dan anggota Kodim 1628 adalah keluarga kami. Mereka sangat dekat dengan kami, karenanya keakraban yang terbangun selama pelaksanaan TMMD,” kata Kades.

29712

Salah satu sasaran TMMD kali ini adalah pembangunan masjid At Taqwa. Masjid satu satunya di Dusun Batu Melik tersebut menjadi kado spesial bagi masyarakat setempat, mengingat masyarakat telah lama mengidam idamkan adanya masjid.

“Masyarakat kami sangat terharu dibangunnya masjid di dusun Batu Melik. Adanya bangunan ini diluar ekspektasi kami. Oleh karenanya atas nama warga Seminar Salit saya ucapkan banyak terimakasih kepada Danrem, Dandim beserta anggota dan Bupati,” ucapnya.

Selain itu, dalam kegiatan non fisik juga sangat berdampak bagi masyarakat di Desa Seminar Salit. Kades mencontohkan bagaimana semangat belajar anak anak yang tinggi, karena keterlibatan berbagai pihak dalam kegiatan non fisik.

“Melalui kegiatan non fisik TMMD, mampu membangkitkan semangat belajar anak anak kami. Termasuk juga keterlibatan mahasiswa KKN dari UTS dan Undova,” tambahnya.

Diakhir sambutannya, mewakili seluruh masyarakat dan pemerintah Desa Seminar Salit, Kades menyampaikan permohonan maaf jikalau selama proses TMMD, ada kesalahan yang disebabkan oleh Pemerintah Desa dan masyarakat setempat.

“Sudah pasti masyarakat dan pemerintah banyak kesalahan dan kekeliruan. melalui kesempatan ini kami mohon dimaafkan,” tandasnya.

TMMD Ke-108 Kodim 1628/Sumbawa Barat Resmi Ditutup

29713

Sumbawa Barat – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 TA.2020 Kodim 1628/SB ditutup oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., di Graha Praja Setda Pemda Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (29/7/2020).

Selama satu bulan penuh mulai tanggal 30 Juni 2020 sampai dengan tanggal 29 Juli 2020 kegiatan TMMD diselenggarakan dengan melibatkan 600 Prajurit TNI serta komponen masyarakat yang tersebar di empat Kabupaten/Kota se-Bali Nusra, dengan harapan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ditengah-tengah situasi Pandemi saat ini.

Pada upacara penutupan TMMD 108 di wilayah Sumbawa Barat, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 162/WB, menyampaikan, walaupun sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat, sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas, namun dengan semangat, kekompakan dan disiplin serta rasa tanggung jawab dari semua pihak, baik TNI, Polri, masyarakat dan instansi terkait lainnya bersatu padu, bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke-108 sehingga semua sasaran dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Terkait hal itu, Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan bersinergi di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD ke-108 di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana.

“Hari ini, seluruh masyarakat dan instansi terkait, Pemda serta Prajurit TNI telah dapat menyelesaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 dengan baik dan sukses. Mudah-mudahan apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah,” sambungnya.

2972

Pangdam IX/Udayana mangajak seluruh pihak dan masyarakat untuk ikut memelihara dan merawat dengan baik secara mandiri/swadaya semua fasilitas yang telah dibangun dalam TMMD Ke-108, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Pangdam juga mengajak untuk melestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia, tetap saling mengingatkan untuk disiplin dalam protokol kesehatan sebagai bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas, serta mempertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.

“TNI senantiasa selalu hadir di tengah-tengah masyarakat membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat, kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Penutupan TMMD ditandai dengan penandatangan naskah serah terima penutupan TMMD oleh Dandim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, S.T., dan Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, dilanjutkan dengan peninjauan sasaran fisik TMMD di Desa Seminar Salit Kecamatan Brangrea Kabupaten Sumbawa Barat.

Mengingat situasi saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19, maka kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sederhana dan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Hadir pada upacara tersebut, Kasiintel Kasrem 162/WB, Kasiops Kasrem 162/WB, Kasiter Kasrem 162/WB, Para Dandim jajaran Korem 162/WB, Kapolres KSB, Wakil Bupati KSB, Kajari KSB, jajaran Forkopimda KSB, Kapenrem 162/WB serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Seminar Salit Kec. Brangrea Kab. Sumbawa Barat.