Category Archives: Artikel

KOREM 162/WB salurkan 100 TON Beras Bantuan Bapak Presiden Joko Widodo kepada Masyarakat NTB

IMG-20210920-WA0134

Mataram – Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) RI berikan dukungan beras sebanyak 100 ribu kilogram (100 ton) yang dikemas menjadi 10 ribu paket/karung yang masing-masing berisi 10 kilogram kepada Korem 162/WB di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nantinya bantuan beras tersebut akan disalurkan kepada masyarakat di wilayah NTB yang terdampak Covid-19 khususnya kepada kaum duafa, anak yatim piyatu, panti jompo dan yang intinya untuk seluruh masyarakat harus dibantu dengan adil serta merata karena tidak ingin terjadi ada yang tumpang tindih, sehingga nantinya akan di salurkan melalui Kodim jajaran Korem 162/WB.

Demikian disampaikan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., saat menerima dukungan beras dari Sesmilpres di Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (20/9/2021).

Kemudian nantinya Korem akan mendistribusikan beras tersebut ke Kodim jajarannya sesuai data yang ada di wilayahnya masing-masing yang akan dikoordinir oleh para Dandim saat pembagian,” jelas Danrem 162/WB.

“Sementara itu, menurut Danrem 162/WB rencananya nanti pendistribusian beras tersebut akan didistribusikan ke tiga Pulau diantaranya Pulau Lombok sebanyak 5 ribu paket dengan rincian, Kota mataram sebanyak 1.500 paket, Kabupaten Lombok Barat 1.000 paket, Lombok Utara 500 paket, Lombok Tengah 1.000 paket dan Lombok Timur 1.000 paket.

“Lanjutnya, ke pulau Sumbawa sebanyak 4 ribu paket dengan rincian, Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 500 paket, Sumbawa 1.000 paket, Dompu 500 paket, Kabupaten Bima 1.000 paket dan Kota Bima 1.000 paket.

Dijelaskan juga,” bahwa baksos tersebut adalah bentuk kepedulian dari Pemerintah Pusat. Dan semoga baksos dari Sesmilpres RI ini bisa bermanfaat meringankan beban bagi masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Yang intinya nanti yang harus perlu diingatkan supaya pada waktu penyerahan bantuan ke masyarakat harus mempedomani disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Dan untuk penyaluran beras tersebut jangan dilihat dari nilainya, tetapi kebersamaan kita semua dalam upaya memerangi Covid-19 di Provinsi NTB ini. Dan mari kita semua berdoa untuk berjuang agar masa pandemi Covid-19 segera berakhir,” imbuhnya.(Penrem162).

Percepatan Laju Vaksinasi DPSP, Danrem 162/WB dan Kapolda NTB Pimpin Apel Gabungan Tim Vaksinator, menuju 70 persen “herd immunity”

IMG-20210919-WA0122

Lombok Tengah – Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dan Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K. M.H., memimpin Apel Gabungan Tim Vaksinator di Halaman Kantor Bupati Lombok Tengah jalan Raden Puguh Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Loteng, Minggu (19/9/2021).

Apel gabungan di ikuti 2000 orang dalam Rangka Percepatan Laju Vaksinasi Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Kabupaten Lombok Tengah ini guna mencapai target 70 persen “herd immunity” menjelang kegiatan World Superbike dan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Untuk mencapai target itu, dari 2000 orang peserta Apel gabungan tersebut dibentuk  150 tim vaksinator diterjunkan di  wilayah Lombok Tengah dengan jumlah satu tim terdiri atas 6 hingga 7 orang yang akan ditempatkan di 139 desa  tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah, dan sisanya untuk memvaksinasi Komunitas.

Danrem 162/WB dalam amanatnya menyampaikan, perlu adanya Inovasi dan intervensi Forkopimda dalam menyelesaikan setiap permasalahan di NTB termasuk permasalahan Covid-19. Ia juga  memberikan motivasi sembari mengulas kembali tentang kejadian gempa bumi yang pernah mengguncang dan meluluh lantakkan  NTB khususnya pulau Lombok pada tahun 2018 lalu, namun berkat sinergitas dan soliditas seluruh stakeholder maupun elemen-elemen masyarakat sehingga NTB bisa bangkit dan berangsur pulih kembali.

“Pengalaman itu tentu harus dijadikan motivasi yang membuat kita yakin bahwa permasalahan Covid-19 juga bisa diatasi jika kita semua kompak dan menanganinya bersama-sama,”  ujarnya.

Selain itu, ilustrasi bahwa saat ini negara Indonesia menjadi ikon dan contoh penanganan Covid-19 di dunia, karena ketika di seluruh dunia pandemi ini terus meningkat, namun di negara kita justru menurun padahal ilmu dan cara penanggulangannya sama mulai penerapan protokol kesehatan, testing, tracing dan treatment hingga vaksinasi.

“Yang berbeda adalah adanya soliditas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol-PP bahkan juga tokoh agama dan masyarakat yang selalu bersinergi seperti ini, sementara di luar negeri yang menangani hanya Dinas Kesehatan saja,” papar Ahmad Rizal.

Terkait hal tersebut, orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB ini berharap kepada seluruh stakeholder terkait, tim vaksinator, TNI-POLRI dan Pemda mampu bersinergi dengan baik dan bergerak cepat sehingga target vaksinasi masyarakat sampai 5 Oktober 2021 nanti mencapai 70 persen sehingga NTB siap menjadi tuan rumah diivent internasional World Superbike dan motoGP sekaligus sebagai Kado Istimewa HUT TNI ke 76. Harapnya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal, SIK. MH., menegaskan, Keselamatan merupakan hal tertinggi dan paling utama yang harus dipastikan oleh suatu Negara terhadap masyarakatnya dan sebagai aparatur Negara wajib semaksimal mungkin untuk melakukan penanganan Covid-19.

Ia berharap dengan adanya Apel Tim Vaksinator dalam rangka percepatan Vaksinasi ini, Provinsi NTB khususnya Kabupaten Lombok Tengah sebagai salah satu daerah Pariwisata Super Prioritas di Indonesia, siap menjadi tuan rumah Word Superbike (WSBK) pada bulan Nopember mendatang.

“Mulai hari ini kita akan melakukan kerja yang extra ordinary, kerja-kerja yang luar biasa tidak seperti biasanya kerja-kerja yang istimewa yang tadinya laju vaksinasi paling kecil itu bisa sampai besar,” ujar Kapolda NTB.

“Insyaa Allah World Superbike akan digelar di Sirkuit Mandalika jika Herd immunity (kekebalan komunal) masyarakat mencapai 70 persen,” harapnya.

Terlihat juga hadir mengikuti Apel gabungan diantaranya, Wakapolda NTB, Sekda Prov. NTB, Kasi Jajaran korem 162/WB, PJU Polda NTB, Forkopimda Kabupaten Lombok Tengah, serta para Camat, Kades dan Kepala PKM se-Kabupaten Lombok Tengah.(Penrem162).

Pangdam IX/Udayana Tinjau Serbuan Vaksinasi di Makodim 1620/Loteng

IMG-20210914-WA0094

Lombok Tengah – Agenda dalam kunjungan kerja (Kunker) Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan rombongan hari kedua di NTB salah satunya meninjau serbuan vaksinasi di Makodim 1620/Loteng jalan Gajah Mada nomor 1 Leneng kecamatan Praya kabupaten Lombok Tengah, Selasa (14/9/2021).

Kedatangan Pangdam IX/Udayana dan rombongan didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., disambut Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Lombok Tengah.

Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap antusias masyarakat yang mengikuti vaksinasi. Dengan melaksanakan vaksinasi sebanyak 15 ribu dosis perhari diharapkan target 70 persen untuk kegiatan Word Superbike bisa tercapai.

Namun menurutnya, serbuan vaksinasi ini bukan semata-mata hanya untuk mengejar target agar Word Superbike dan MotoGP dapat diselenggarakan pada bulan November mendatang, tapi yang lebih utama adalah untuk keselamatan masyarakat dari virus Corona.

“Itu sebetulnya prioritas kedua, yang menjadi prioritas pertama vaksinasi ini adalah keselamatan masyarakat,” ujar Jenderal Bintang Dua tersebut.

Karena itu, mantan Danpaspampres itu mengimbau agar masyarakat lanjut usia dan komurbit mendapat prioritas untuk divaksin karena sangat beresiko jika terpapar Covid-19, dan menurutnya lebih dari 90 persen orang meninggal dunia adalah yang belum divaksin, maka hal ini sangat membantu untuk mengurangi resiko kematian.

Terkait dengan kendala keterbatasan jumlah vaksin, Pangdam IX/Udayana mengungkapkan bahwa Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mendapatkan vaksin lagi dari pusat sebanyak 500 ribu dosis untuk mempercepat vaksinasi khususnya di Lombok.

“Kemarin informasi dari pusat ada 5 juta lebih kalau tidak salah baru datang kebetulan Lombok dapat 500 ribu, mudah-mudahan bisa cepat divaksinkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri memberikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pangdam IX/Udayana, dimana menurutnya sejak Senin kemarin telah datang dan berkeliling untuk melihat lebih dekat bagaimana kabupaten Lombok Tengah yang sebenarnya. “Semoga sehat selalu,” ucapnya.

Pathul Bahri menerangkan, pihaknya telah menurunkan sebanyak 35 tim vaksinator baik tenaga kesehatan dari TNI, Polri maupun Pemda untuk mempercepat vaksinasi, karena vaksinasi ini harus sudah tuntas sebelum penyelenggaraan Word Superbike.

“Superbike dan MotoGP insyaa Allah akan dilaksanakan manakala vaksin ini tuntas 70 persen di kabupaten kita,” tandasnya.

Sebelum meninjau serbuan vaksinasi di Makodim 1620/Loteng, Pangdam IX/Udayana dan rombongan didampingi Danrem 162/WB sempat singgah dan meninjau Sirkuit MotoGP Mandalika.(Penrem162).

Jaga Kelestarian Alam, Pangdam IX/Udayana Tanam Pohon Mangrove di Pantai Blonsong Lombok Tengah

IMG-20210913-WA0248

Lombok Tengah – Selain meninjau Pompa Hidram di wilayah Kodim 1615/Lotim, dalam kunjungan kerjanya di Lombok hari ini Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak juga melaksanakan penanaman pohon mangrove di dusun Blongsong desa Kidang kecamatan Praya Timur kabupaten Lombok Tengah.

Sekitar 23.800 pohon dicanangkan akan mulai ditanam. Kegiatan ini merupakan aksi sosial untuk menciptakan hutan lindung (bakau) yang dilaksanakan oleh Kodim 1620/Loteng bersinergi dengan beberapa stakeholder seperti Polri, Satpol PP, Kelompok Gerakan Jaga Alam dan Air BP DAS, kelompok nelayan, pramuka dan masyarakat.

Demikian disampaikan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., disela-sela mendampingi Pangdam IX/Udayana saat penanaman pohon mangrove secara simbolis di lokasi setempat, Senin (13/9/2021).

Menurut Danrem 162/WB, sesuai arahan ataupun perintah Pangdam IX/Udayana kepada jajarannya untuk melaksanakan Gerakan Jaga Alam dan Air (Gejala) salah satunya penanaman pohon bakau untuk melindungi garis pantai dari abrasi sekaligus melestarikan ekosistem di sekitarnya.

“Ini salah satu kepedulian TNI untuk menjaga alam agar tetap lestari dan membentuk kembali lingkungan hidup maupun ekosistem yang hampir rusak atau punah akibat ulah manusia,” ujarnya.

Sebelumnya, Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya mengatakan, sekarang kita dapat merasakan global warming (pemanasan global) serta perubahan cuaca yang tidak menentu. Hal ini terjadi karena jumlah tumbuh-tumbuhan di bumi setiap tahun berkurang cukup tinggi.

“Apabila kita menyadari, keadaan ini sebetulnya sangat berbahaya karena akan menyebabkan perubahan yang membawa kerugian untuk kehidupan makhluk hidup,” terangnya.

Karena itu, orang nomor satu di Kodam IX/Udayana ini mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berperan dalam menjaga kelestarian alam serta menghijaukan kembali lahan yang telah gundul dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya agar sumber air tetap melimpah dan mengalir dengan baik.

“Sebetulnya itu bisa, cuma butuh para pelopor, butuh pendukung-pendukung dari masyarakat sekalian. Mudah-mudahan ini jadi suatu bagian dari pemeliharaan kita untuk alam,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Loteng Lalu Fathul Bahri menyampaikan, TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah selalu bersinergi untuk terus melakukan yang terbaik di Kabupaten Lombok Tengah, seperti penanaman pohon mangrove dan sejumlah pohon lainnya dengan harapan agar kegiatan yang dilakukan tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dalam terciptanya penghijauan.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian bantuan sebagai bentuk penghargaan berupa sejumlah keramik oleh Pangdam IX/Udayana kepada Ketua Kelompok Pengurus Budidaya Mangrove, Bapak Nyojak.(Penrem162).

Kunjungan Kerja di Lombok, Pangdam IX/Udayana Tinjau Pompa Hidram di Desa Tete Batu Lombok Timur

IMG-20210913-WA0218

Lombok Timur – Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., beserta rombongan didampingi Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani meninjau Pompa Hidram di dusun Lingkung Utara desa Tete Batu kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur disambut Forkopimda dan Muspika setempat, Senin (13/9/2021).

Dalam kegiatan itu, Pangdam IX/Udayana menerima paparan singkat Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Amin M. Said, tentang cara kerja dan jumlah masyarakat yang memanfaatkan air Pompa Hidram, selanjutnya mengecek keran air pompa Hidram ke rumah-rumah warga dan peninjaun rencana pembangunan Toilet umum berstandar Internasional.

Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya mengaku sangat senang dan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa membantu masyarakat dalam pemenuhan air bersih melalui program Pompa Hidram khususnya di wilayah Kodam IX/Udayana (Bali, NTB dan NTT).

Menurutnya, ada 151 pompa Hidram yang sudah dibangun dan sudah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Bali dan Nusra (Nusa Tenggara). Semuanya bisa terlaksana dengan lancar berkat tekat dan kerja keras serta dukungan dari masyarakat dalam pengerjaannya.

“Saat ini kita akan mulai membangun sekitar 50-an pompa Hidram termasuk di NTB, kami mohon doa supaya rencana kami bisa berjalan dengan baik,” ungkap Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sembari meminta dukungan dan doa dari seluruh pihak dan masyarakat.

Mantan Komandan Paspampres itu juga mengungkapkan, pembangunan pompa Hidram ini selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mandi, mencuci dan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan, sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang mengalami stunting karena semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

Oleh sebab itu, sambungnya, dalam setiap pembangunan pompa Hidram agar dibuat minimal ada empat dudukan pompa, agar nantinya pompa dapat ditambahkan sehingga air lebih maksimal dan dapat digunakan untuk pertanian maupun peternakan.

“Dengan demikian, jika nanti desa memiliki dana bisa menambahkan pompa lagi sehingga air bisa digunakan untuk pertanian dan peternakan,” Harapnya.

Ketua BPD Desa Tete Batu, Atharudin mengatakan, selama ini masyarakat setempat sangat kesulitan air terutama di musim kemarau padahal memiliki sumber air yang melimpah, namun dengan adanya Pompa Hidram ini mereka mengaku sangat terbantu terutama air untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Demikian juga Kepala Dusun Lingkung Utara, Muhsan dan seorang perwakilan warga, Neny Hidayati mengaku keberadaan pompa Hidram ini sangat bermanfaat karena sekarang air langsung mengalir ke rumah mereka, dimana sebelumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit mengambil air untuk mandi dan lain sebagainya.

“Terimakasih Bapak TNI, Bapak Panglima sudah membangun Pompa Hidram, sekarang kami tidak perlu mengangkut air lagi,” ucap mereka.

Terlihat dalam rombongan Pangdam IX/Udayana, Irdam Brigjen TNI Erwin Djatniko, Asrendam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kainfolahtadam IX/Udayana, dan Dandenmadam IX/Udayana. Turut mendampingi, Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan dan para Kasi Korem 162/WB.(Penrem 162).

Panglima TNI dan Kapolri Gelar Tatap Muka dengan Stakeholder di NTB, Ini Penjelasan Danrem 162/WB

IMG-20210910-WA0302

Mataram – Dalam lawatan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama rombongan ke NTB, selain melihat langsung proses vaksinasi Covid-19 di SMAN 4 Mataram juga menggelar tatap muka dengan seluruh stakeholder di NTB baik Forkopimda NTB maupun Kabupaten Kota se NTB di ruang rapat Utama Kantor Gubernur NTB jalan pejanggik nomor 12 Kota Mataram, Jumat (10/9/2021).

Terlihat Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah bersama Wakilnya Hj. Siti Rohmi Djalilah bersama Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaidah dan undangan lainnya menyambut kehadiran Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan.

Usai menggelar rapat tentang penanganan Covid-19, Danrem 162/WB mengatakan Panglima TNI bersama Kapolri maupun Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengapresiasi penanganan Covid-19 di NTB yang secara perlahan mengalami penurunan hingga ke level 3. “Semoga kedepan mencapai level 2 dan bahkan level aman,” harapnya.

Itu semua kata Danrem 162/WB, dilakukan berkat Kerjasama yang apik seluruh pihak baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun masyarakat yang taat terhadap kebijakan pemerintah seperti pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), protokol kesehatan Covid-19 dan antusias dalam melaksanakan program vaksinasi nasional.

“Berdasarkan itu, NTB siap menjadi tuan rumah dalam pagelaran Superbike pada November mendatang dan MotoGP tahun depan,” ujarnya.

Menurut Ahmad Rizal, untuk mendukung semua itu dituntut kerja keras semua pihak baik TNI, Polri dan Pemerintah Daerah termasuk kesadaran seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan mendatangi tempat-tempat atau rumah sakit yang memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 sehingga NTB betul-betul dinyatakan siap menggelar perhelatan tingkat nasional maupun internasional.

Adapun dalam pelaksanaan Superbike dan MotoGP kedepan, perlu dilakukan pengawasan secara ketat terhadap pintu masuk NTB khususnya Lombok seperti Bandara, Pelabuhan dan Terminal untuk mendeteksi dan meminimalisasi penyebaran virus corona.

Selain itu, lanjut Jenderal Bintang Satu itu, pemanfaatan rumah Isolasi terpadu harus dimaksimalkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di tengah masyarakat tentunya dengan pengawasan tenaga kesehatan sehingga pasien Covid akan terpantau dengan baik.

Orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB itu juga berharap agar kedepan NTB bisa turun ke level 2 sehingga tempat-tempat wisata di NTB khususnya Lombok bisa dibuka kembali, namun tetap waspada dan jangan lengah.

“Jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan baik 5M dan 3T dalam kehidupan sehari-hari dan yakinkan diri untuk sudah di vaksin Covid-19,” pungkasnya.

Protokol kesehatan Covid-19 yang dimaksud Danrem 162/WB yaitu 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah) dan 3T adalah testing (pemeriksaan), tracking (penjejakan) dan treatment (pengobatan) terhadap seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

seperti Mandalika, gili, pantai kuta, jika ada interaksi masyarakat dengan dibukanya tempat pariwisata agar angka nya dijaga, waspadai kelonjakan, jaga prokes, pertahankan angka yang sudah bagus,SOP dilaksanakan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri, karena perjalanan luar negeri jauh lebih ketat, Kalau NTB bisa memenuhi target dari bapak presiden dengan jumlah 41.394, maka NTB adalah daerah yang paling pertama di buka pariwisatanya.

Tinjau Vaksinasi Massal, Panglima TNI dan Kapolri Apresiasi Antusias Masyarakat Untuk Vaksinasi Covid-19

IMG-20210910-WA0301

Mataram – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama rombongan menggelar kunjungan kerja di Lombok Provinsi NTB yang disambut hangat Forkopimda NTB dan Forkopimda Kota Mataram di SMAN 4 Mataram, Jumat (10/9/2021).

Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan di SMAN 4 Mataram dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi nasional Covid-19 di Kota Mataram dan menyaksikan secara virtual di seluruh wilayah kabupaten kota se – NTB.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam laporannya menyampaikan hari ini seluruh kabupaten kota di NTB melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara serentak. Untuk Kota Mataram sendiri hari ini menyiapkan 6 ribu dosis dan untuk sembilan kabupaten kota yang lain seluruhnya berjumlah 45 ribu dosis vaksin.

Pelaksanaan vaksin tersebut menurut Danrem, dilaksanakan oleh gabungan personel TNI, Polri bersama tenaga kesehatan dari Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di 380 lokasi tersebar di seluruh kabupaten kota se – NTB.

“Alhamdulillah salah satu dampak positif vaksinasi dan protokol kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan secara gencar dan serentak, status PPKM dari level 4 turun menjadi level 3. Ini berkat kerjasama semua pihak termasuk kesadaran masyarakat NTB untuk mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah,” ungkapnya.

Panglima TNI pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas antusias masyarakat yang melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing dan hasilnya akan dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan RI.

Jenderal TNI bintang empat itu juga memberikan apresiasi kepada seluruh Bupati dan Walikota tentang pelaksanaan vaksinasi di NTB yang begitu cepat dengan menghabiskan dosis vaksin yang tersedia secara massal dan berjenjang.

“Ini semua akan kita laporkan kepada Kementerian Kesehatan RI dengan harapan segera dapat tambahan dosis vaksin sehingga dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengamini langkah Panglima TNI untuk melaporkan kondisi yang ada khususnya terkait dengan kekurangan dosis vaksin di NTB kepada Kementerian Kesehatan agar segera di dukung.

Namun demikian, kata Kapolri, sambil menunggu dukungan vaksin tersebut, Pemerintah Daerah diminta untuk menyiapkan ruang isolasi dan tenaga kesehatan atau vaksinatornya sehingga apabila vaksin Covid-19 sudah ada bisa langsung dilakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksin.

Terkait dengan pelaksanaan superbike dan MotoGP di Kawasan Ekonomi Mandalika, Alumnus Akmil 1991 itu meminta perkembangan terkini terkait vaksinasi di wilayah tersebut sehingga bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Disebutkannya, berdasarkan laporan yang ada, target vaksinasi hari ini sebanyak 7.117 dosis dan capaian hari ini mencapai 4.118 dosis. Target selama satu minggu kedepan sudah mencapai 25 ribu dosis khususnya di Kecamatan Pujut sebagai lokasi pelaksanaan superbike dan MotoGp.

“Tolong dihimpun kekurangannya sehingga pelaksanaan superbike pada November mendatang sudah mencapai target dan bisa berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.(Penrem162).

32 Putra NTB Siap Ikuti Seleksi Pusat Calon Bintara PK TNI AD Tahun 2021

IMG-20210907-WA0102

Mataram – Panitia Daerah (Panda) Korem 162/WB menggelar sidang parade calon Bintara PK (Prajurit Karier) TNI AD Tahun 2021 di gedung Soedirman Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Selasa (7/9/2021).

Sidang parade dipimpin Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dihadiri Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan, Kasi Intel, Kasi Pers dan Kasiter Kasrem, Dandenkesyah Mataram, Kaajenrem, Karumkit Wira Bhakti dan Kajasrem 162/WB memutuskan 32 putra NTB lulus seleksi calon Bintara PK TNI AD Tahun 2021 tingkat daerah.

Usai menggelar sidang parade, Danrem 162/WB menerangkan, para peserta yang lulus sebelumnya telah melalui tahap seleksi yang meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan secara terbatas dan test kemampuan jasmani.

Setiap tahap seleksi dilaksanakan secara ketat dengan penilaian yang benar-benar cermat dan teliti oleh panitia untuk mendapatkan calon prajurit yang potensial, cerdas dan memiliki integritas kepribadian serta kemampuan fisik yang prima.

Hari ini, lanjutnya, panitia sidang parade telah menjalankan kewajibannya dengan penuh rasa tanggung jawab, mengambil keputusan seadil-adilnya, jujur serta akuntabel dengan transparansi dan obyektivitas sebagai acuan utama untuk mendapatkan calon prajurit yang berkualitas dan mampu mendukung tugas TNI AD ke depan.

“Panitia sudah menetapkan 32 orang lulus seleksi tingkat daerah dari 86 peserta yang ikut sidang parade hari ini, insyaa Allah mereka adalah yang terbaik dan memenuhi syarat untuk menjadi prajurit,” ungkapnya.

Brigjen TNI Rizal Ramdhani juga menekankan kepada para peserta yang telah lulus seleksi tingkat daerah agar tetap menjaga kesehatan dan kemampuan fisiknya, karena mereka masih harus mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi di tingkat pusat yang sudah tentu lebih menguras tenaga dan pikiran.

“Calon yang dinyatakan lulus di tingkat Panda ini akan dikirim ke Bali untuk menjalani seleksi tahap selanjutnya di Rindam (Resimen Induk Daerah Militer) IX/Udayana yang akan dilakukan oleh Tim Pusat secara lebih ketat,” terangnya.

Sedangkan bagi peserta yang tidak lulus agar tidak putus asa dan tetap semangat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk TNI AD berikutnya baik Tamtama, Bintara maupun Akademi Militer.

“Adik-adik masih muda dan masih ada kesempatan untuk masuk TNI, manfaatkan waktu yang ada untuk persiapkan diri dengan berlatih lebih keras lagi, insyaa Allah kalian bisa,” tutup alumni Akmil 1993 itu penuh semangat.(Penrem162).

Korem 162/WB Rekrut Calon Prajurit Dengan Profesional, Proporsional, Transparan dan Obyektif

IMG-20210907-WA0034

Mataram – Korem 162/WB senantiasa lebih profesional, proporsional, transparan dan seobyektif mungkin serta sesuai aturan yang berlaku dalam seleksi penerimaan (rekruitmen) prajurit agar mendapatkan calon prajurit TNI AD yang berkualitas.

Karena itu, dalam penerimaan calon siswa Secaba PK TNI AD Tahun 2021 Panitia Daerah (Panda) Korem 162/WB pagi hari ini telah menggelar rapat dalam rangka memilih 84 orang peserta yang berhak untuk mengikuti sidang parade esok hari.

Demikian dikatakan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., saat memberikan pengarahan kepada 565 orang peserta seleksi Secaba PK TNI AD Tahun 2021 di lapangan Gotot Subroto Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (6/9/2021).

Pengarahan yang dihadiri Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan, Kasiter Kasrem Kolonel Inf Budi Rahmawan, Kaajenrem 162/WB Mayor Caj Luther Bangun, Pasipers Kapten Inf Suwari, Pasi Intel Kapten Inf Asep Okinawa Muas dan Dantim Intelrem 162/WB Lettu Chb Wahyu Amri, sebelum pembacaan pengumuman kelulusan.

Disampaikannya, sesuai alokasi yang ditetapkan Komando Atas, panitia penerimaan Secaba PK Korem 162/WB telah melaksanakan rapat yang cukup alot untuk memilih peserta seleksi yang memiliki kondisi fisik yang paling sehat dan benar-benar prima untuk menjadi prajurit TNI AD.

“Dari 565 orang peserta yang hadir siang hari ini akan kami umumkan 84 orang untuk mengikuti sidang parade besok pagi,” ungkap orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB itu.

“Dan nanti yang lulus akan dipanggil namanya, mereka adalah yang terbaik dari kalian, baik dari aspek kesehatan maupun kesegaran jasmani,” imbuhnya seraya menerangkan.

Namun demikian, sambung Jenderal Bintang Satu itu, yang berhasil lulus sampai tahap ini agar jangan terlalu berbesar hati karena masih harus bersaing di tahap berikutnya. Ia juga memberikan motivasi bagi peserta yang tidak bisa lolos ke sidang parade.

“Kalian masih muda jangan putus asa dan tetap semangat karena masih ada kesempatan. Berlatihlah dengan keras dan jaga kesehatan kalian untuk mengikuti rekruitmen TNI AD berikutnya baik Tamtama, Secaba maupun Akademi Militer,” imbaunya.

Usai pengarahan dilanjutkan pembacaan nama-nama peserta seleksi Secaba PK TNI AD Tahun 2021 Panda Korem 162/WB yang dinyatakan lulus berdasar hasil rapat panitia yang dipimpin langsung oleh Danrem 162/WB di ruang rapat Makorem.(Penrem 162).

Danrem 162/WB Pimpin Langsung Upacara Militer Penerimaan dan Pemakaman Jenazah Kapten Chb Anumerta Dirman

IMG-20210904-WA0040

Bima – Jenazah Kapten Chb Anumerta Dirman tiba di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat menggunakan pesawat Wings Air IW1869K selanjutnya disambut dengan upacara penerimaan secara militer dipimpin Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.,dan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten maupun Kota Bima.

Usai upacara penerimaan, Komandan Korem 162/WB bersama rombongan Forkopimda dan undangan lainnya, mengantar jenazah Kapten Chb Anumerta Dirman ke rumah duka di jalan lintas Tawali Dusun Mandala Desa Tengga Kecamatan Wera untuk dimakamkan dengan upacara militer di tempat pemakaman umum (TPU) Desa setempat, Sabtu (4/9/2021).

Komandan Korem 162/WB usai prosesi pemakaman secara militer dalam sambutannya menyampaikan, saat ini TNI khususnya Angkatan Darat telah kehilangan salah satu prajurit terbaiknya, Kapten Chb Anumerta Dirman gugur sebagai Kusuma Bangsa saat melaksanakan tugas pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Prosesi pemakaman dengan upacara militer merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan maupun anggota TNI yang telah mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara,” terangnya.

Dan atas nama pimpinan maupun seluruh keluarga besar TNI khususnya Angkatan Darat, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyampaikan rasa duka cita dan belasungkawa yang mendalam atas peristiwa meninggalnya almarhum, selanjutnya memohon kepada seluruh keluarga agar mengikhlaskan kepergiannya dengan sabar dan tabah.

“Semoga amal ibadah almarhum Kapten Chb Anumerta Dirman diterima dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” harap alumni Akmil 1993 itu.

Orang Nomor Satu di Jajaran Korem 162/WB ini juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah meluangkan waktu membantu dari saat proses penjemputan hingga pemakaman.

“Kami selaku Komandan Korem 162/WB dan atas nama keluarga almarhum Kapten Chb Anumerta Dirman menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan moril dan materil yang telah diberikan sehingga pelaksanaan pemakaman berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan keluarga Kapten Chb Anumerta Dirman, Suriansyah, S.pd., mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak khususnya Danrem 162/WB yang telah sudi hadir untuk mengantarkan almarhum ke tempat peristirahatan terakhir.

“Saudara kami seorang prajurit tentunya pada saat melaksanakan tugas maupun sehari-harinya terdapat kesalahan baik secara dinas maupun pribadi, kami selaku pihak keluarga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya,” tandasnya.(Penrem162).