Dansatgas Paparkan Sasaran TMMD 108 Kodim 1628/SB

3061

Sumbawa Barat – Dandim 1628/Sumbawa Barat memaparkan program kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 di Poskotis TMMD Desa Seminar Salid Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (30/6).

Dalam paparannya Dandim sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 108 menjelaskan bahwa pra TMMD telah dilakukan sebelumnya yakni pada 1 sampai 29 Juni 2020 lalu.

“Dalam TMMD ke 108 kami membangun jalan sekitar 970×4 meter, pembuatan gorong-gorong lima unit, pembuatan talud 200 meter, pembangunan masjid, rumah layak huni satu unit dan satu rumah rehab ringan,” jelasnya.

Dandim menjelaskan, pembuatan sejumlah bangunan fisik semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat, seperti pembangunan jalan usaha tani yang dapat mempermudah akses transportasi pengangkut hasil panen.

“Pembuatan jalan usaha tani ini dapat memperpendek jarak mencapai 2 km sehingga mempermudah akses masyarakat menuju lahan pertanian dan memgangkut hasil panen,” katanya.

Selain bangunan fisik, TMMD juga akan diisi dengan kegiatan sosialisasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat di desa tersebut.

3064
3062

Dandim berharap kepada masyarakat agar mendukung kegiatan TMMD dan bekerjasama dalam mensukseskan pencapaian target, sehingga dapat selesai 100 persen sebelum penutupan pada 29 Juli 2020 mendatang.

“Kebetulan sekarang ada mahasiswa universitas Cordova yang KKN, semoga bisa bekerjasama dan memanfaatkan potensi yang ada di Seminar Salid,” ungkapnya.

TMMD ini dilakukan serentak di 50 kabupaten di Indonesia, kegiatan ini akan dinilai oleh pemerintah pusat dan Mabes TNI.

Untuk itu Dandim meminta kerjasama seluruh pihak guna suksesnya TMMD di Desa Seminar Salid Kecamatan Brang Rea.

3065

Sementara itu, pada waktu yang sama, Asisten III Sekretariat Daerah KSB, Amar Nurmansyah meminta Kepala Desa agar mendorong masyarakat desa untuk bersama bergotong royong membaur bersama TNI dalam semua kegiatan dalam TMMD.

“Peran serta masyarakat dan pemerintah desa sangat dibutuhkan dalam maksimalnya kegiatan,” tuturnya.

Jika terjadi perbedaan pendapat atau masalah lainnya agar dapat diselesaikan secara baik-baik sehingga terciptanya kondusifitas di lokasi TMMD.

“TMMD di Seminar Salid ini untuk kepentingan masyarakat sendiri, dan bangunan yang nantinya dibangun agar dirawat dengan baik,” katanya.

Hal yang sama diungkap Camat Brang Rea, Khusnarti. Ia mengapresiasi program TMMD yang luarbiasa yang sangat bermanfaat bagi pembangunan di Desa Seminar Salid.

“Terimakasih kepada TNI, TMMD ini akan mengajarkan bagaimana kerjasama dan gotong royong yang baik dalam membangun desa,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, rombongan meninjau pembangunan masjid Muhajirin di Dusun Batu Melik, serta mengunjungi pembuatan gorong-gorong di jalan usaha tani desa setempat.