Dukung Piala Kasad Liga Santri PSSI 2022, Kodim Loteng Sosialisasi Ke Pondok Pesantren

IMG-20220510-WA0414

Lombok Tengah – Berkenaan dengan adanya event turnamen sepak bola Liga Santri 2022 di Lapangan Yonif 742, Gebang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kodim 1620/Lombok Tengah, mulai gencar sosialisasi ke Yayasan-yayasan Pondok Pesantren yang ada di wilayah teritorialnya.

Melalui para Babinsa di masing-masing wilayah binaan, Kodim 1620/Loteng memberikan edukasi kepada para generasi muda agar dapat berkontribusi dalam rangka mendukung suksesnya kompetisi antar pesantren (Liga Santri 2022) yang bertajuk turnamen Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022.

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., mengatakan sosialisasi dilakukan sebagai wujud darma bakti prajurit TNI AD Kodim 1620/Lombok Tengah untuk Negeri.

Ia menegaskan bakti dan sumbangsih itu diwujudkan melalui sosialisasi dan edukasi kepada para santri generasi muda agar dapat mengisi wadah kompetisi yang bertujuan untuk menjaring mutiara bangsa bagi Timnas Indonesia tersebut.

“Hal ini kemudian menjadi dasar bagi para prajurit khususnya Babinsa Jajaran Kodim 1620/Loteng, menggencarkan sosialisasi terhadap para Santri,” Ujar Dandim, Rabu (11/5) di Makodim.

Sebelumnya diketahui PSSI dan TNI-AD telah melakukan kerja sama untuk menggelar turnamen sepak bola Piala KASAD Liga Santri PSSI 2022. Pembukaannya direncanakan akan digelar di Jawa Timur dan penutupannya di Jakarta.

Dandim menuturkan PSSI dan TNI-AD berharap Kejuaraan liga santri piala KASAD kali ini mampu melahirkan pemain-pemain Timnas Indonesia berkualitas yang nantinya akan menghiasi ajang sepak bola nasional.

Pelaksanaan Liga Santri 2022, Lanjut Dandim, akan diawasi oleh Asosiasi Kabupaten/Kota dan Asosiasi Provinsi (PSSI) yang bekerja sama dengan Satkowil TNI AD wilayah setempat.

“Kompetisi ini nantinya akan diawali dengan babak penyisihan di tingkat Kabupaten/Kota, mulai 20 Juni hingga 30 Juli. Disini para klub santri akan bersaing menuju tingkat provinsi,” Ujarnya.

“Lalu berlanjut ke tingkat provinsi di bulan Agustus hingga September. Dan tingkat nasional pada September hingga Oktober (FINAL) di Jakarta,” Ucapnya.

Format turnamen yang digunakan, Jelas Dandim, adalah home tournament dengan sistem pertandingan setengah kompetisi.

Sementara waktu pendaftaran bagi pemain & ofisial di wilayah Korem 162/WB atau Provinsi NTB, Dirinya menegaskan akan dimulai pada 17 Mei hingga 11 Juni 2022.

“Untuk wilayah Korem 162/WB sendiri akan dihelat pada Minggu 3 Agustus di Lapangan Batalyon Gebang,” Tuturnya.

Oleh karenanya, Dandim mengungkap pihaknya mendukung penuh kompetisi ini dengan mencari dan menyediakan pemain-pemain terbaik Lombok Tengah untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Kami sangat berharap ada perwakilan para Santri dari wilayah teritorial Kodim Loteng yang berkualitas untuk menghiasi sepak bola nasional,” Tandasnya.