Category Archives: Galeri

Korem 162/WB Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Ponpes Qomarul Huda Loteng

702a6ea1-d364-41c0-bd03-c381401a67f6

Lombok Tengah – Pemerintah bersama jajaran TNI yang tergabung dalam Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di NTB sangat konsen dalam penanggulangan virus corona.

Beberapa hari terakhir upaya preventif penanganan virus corona terus dilakukan dengan gencar baik dalam bentuk imbauan maupun penyemprotan di lokasi yang dianggap rentan penyebaran Covid-19 seperti terminal dan pasar sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19

Hari ini, Korem 162/WB kembali melakukan penyemprotan di Ponpes Qomarul Huda Desa Bagu Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah, Sabtu (28/3).

Penyemprotan disinfektan yang dipimpin Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Dandim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto yang diawali dengan penyemprotan kediaman Pimpinan Ponpes Qomarul Huda TGH. L. Muhammad Turmudzi Badaruddin Qomarul Huda dilanjutkan ke Kampus Uniqba dan Ponpes.

Menurut Danrem 162/WB, penyemprotan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada tokoh agama yang sangat dikenal oleh masyarakat Lombok.

“Beliau ini sudah sepuh, jadi diminta tidak diminta kita harus berikan perhatikan khusus dengan merawat dan menjaga kesehatannya,” ujar Danrem.

Terkait dengan penyebaran Covid-19, lanjutnya, virus ini tidak memilih usia dan mengenal tempat. Untuk itu, pihaknya bersama Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di NTB akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah dan meminimalisasi penyebarannya.

“Mari kita kuatkan tekad melawan virus corona dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan, menjaga pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin setiap hari serta mengikuti Imbauan dan kebijakan pemerintah sehingga terbebas dari Covid-19,” tandas Ahmad Rizal Ramdhani.

Danrem 162/WB Siaran Langsung di Radio Global FM Tentang Penanganan Covid-19 di NTB

5fcfc00c-d23c-4352-a38d-0b4acb24263f

Mataram – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., melaksanakan dialog yang disiarkan langsung di Radio Global FM jalan Bangau Nomor 15 Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, Jumat (27/3).

Dialog yang dipandu presenter Nita Zetira membahas tentang penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona atau corona virus disease (Covid-19) di NTB.

Dalam dialognya, Danrem memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat NTB agar tetap tenang dan jangan panik, namun terus berikhtiar dan berdoa agar terhindar dari wabah Covid-19.

Danrem juga memberikan beberapa tip untuk mencegah terinfeksi Covid-19 antara lain :

Pertama, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga pola hidup sehat dan berolahraga setiap hari di bawah sinar matahari untuk mendapatkan sinar ultraviolet antara pukul 09.00-10.00 Wita.

Kedua, konsumsi vitamin C dan E untuk menjaga ketahanan tubuh karena belum ada anti virusnya sehingga harus menjaga imunitas tubuh dangan vitamin tersebut.

Ketiga, menjaga kebersihan lingkungan agar tetap sehat dan bersih.

Keempat, sebelum masuk ke dalam rumah, sediakan semprotan disinfektan agar tetap steril dari kuman dan bakteri.

Kelima, Hindari kegiatan kumpul-kumpul atau keramaian.

Keenam, memperbanyak doa.

Dijelaskannya, NTB sampai hari ini yang dinyatakan positif Covid-19 baru 2 orang dan pihaknya bersama instansi terkait yang tergabung dalam gugus tugas penanganan Covid-19 akan terus berupaya untuk menekan agar tidak bertambah bahkan tidak ada lagi yang terinfeksi Covid-19 di NTB.

“Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTB akan bersinergi untuk melakukan pencegahan dengan penyemprotan larutan disinfektan seperti yang dilakukan tadi pagi bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir dan anggota gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di beberapa pasar tradisional di wilayah Kota Mataram,” paparnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan secara serentak sejak minggu yang lalu di seluruh kabupaten/kota se NTB.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB tersebut juga sudah menginstruksikan seluruh satuan jajarannya terutama Babinsa bahu-membahu bersama Babinkamtibmas dan Kades atau Lurah untuk membantu mensosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 dan ini tidak mengenal waktu. “Bisa pagi, siang, sore bahkan malam,” jelas Rizal Ramdhani.

Danrem juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah untuk stay home atau diam di rumah dan mengurangi kontak langsung dengan masyarakat banyak.

Terkait dengan dukungan logistik pasien, Alumnus Akmil 1993 terus menyampaikan pasien dalam pengawasan (PDP) pemerintah menyiapkan dukungan logistik dan sudah banyak yang kembali kerumah.

“Dari 32 orang PDP, sudah pulang 19 orang, sedangkan orang dalam pengawasan (ODP) dari 410 sebanyak 158 sudah dinyatakan normal,” terangnya.

Adapun alat pelindung diri (APD), NTB sudah menerima bantuan dari Pemerintah Pusat sebanyak 10 kotak dan masing-masing kotak berisi 50 unit dan sudah didistribusikan.

Pamen tiga melati itu juga mengimbau apabila ada indikasi suhu badan diatas 38 derajat, pusing, batuk, pilek dan lainnya agar segera laporan ke Babinsa, Babinkamtibmas, Kades atau Lurah untuk ditindaklanjuti dengan mendatangkan petugas kesehatan sehingga bisa ditangani dengan cepat dan baik.

Apabila masyarakat membutuhkan informasi yang akurat dan benar tentang Covid-19 di NTB bisa langsung menghubungi Posko Covid-19 di Gedung Sangkareang atau bisa hubungi Call center bisa hubungi 081805787239 dan 08124686317 atau bisa mengakses https://corona.ntbprov.go.id/

Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 NTB Beraksi Lakukan Sterilisasi di Pasar Kota Mataram

c9f8e36a-6233-4b76-90df-4bdb60f16167

Mataram – Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Nusa Tenggara Barat kompak turun lapangan melakukan penyemprotan pasar di wilayah Kota Mataram, Jumat (27/3).

Penyemprotan cairan disinfektan yang dipimpin Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB Irjen Pol Tamsi Tohir dan para anggota Satgas Gugus Tugas yang terdiri dari para Kepala Dinas Pemerintah Daerah NTB.

Sebelum melaksanakan penyemprotan, Gubernur NTB mengajak seluruh masyarakat NTB untuk tetap selalu waspada dan berhati-hati dalam berintraksi karena wabah virus corona sudah berada di wilayah NTB.

Bang Zul sapaan Gubernur NTB juga meyakinkan masyarakat agar tidak cemas dan takut, namun berusaha untuk selalu menjaga kondisi badan dan lingkungan agar terhindar dari virus corona.

Usai memberikan sambutan, Pasilat Korem 162/WB Mayor Inf Heri Mujiono membagi personel menjadi tiga kelompok sesuai jumlah sasaran yakni di pasar Cakranegara, pasar Karang Jasi dan pasar Pagesangan Kota Mataram.

Terpisah Komandan Korem 162/WB mengatakan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 membutuhkan sinergitas seluruh steakholder baik provinsi maupun kabupaten/kota dan seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan kebijakan pemerintah sehingga dapat meminimalisasi perkembangan dan penyebaran Covid-19 khususnya di NTB.

Dijelaskannya, seterilisasi dengan menyemprotkan larutan disinfektan di beberapa tempat faslitas umum sebagai salah satu upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 terutama di tempat-tempat keramaian.

“Alhamdulillah ini sudah dilakukan serentak di seluruk kabupaten/kota di NTB,” ungkap Danrem.

“Semoga langkah positif ini dapat memberikan dampak yang efektif dalam pencegahan penyebaran virus corona di NTB,” pungkasnya.

Korem 162/WB dan Jajaran Serentak Laksanakan Sterilisasi Antisipasi Penyebaran Covid-19

7b7fbd25-c28d-4da1-b5f5-b8945dc8d5cc

Mataram – Upaya imbauan serta tindakan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) oleh jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Daerah NTB yang tergabung dalam gugus tugas penanganan Virus Covid -19 masih terus dilakukan. Seperti hal yang dilaksanakan , Korem 162/WB hari ini melaksanakan strerilisasi penyemprotan disinfektan guna cegah Penyebaran Virus Covid-19 di Full Bus Perum Damri di swete Dan Pasar Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, Kamis (26/3).

Sterilisasi dengan menyemprotkan larutan disinfektan kepada para penumpang dan kendaraan bus Damri sekaligus melakukan pengecekan kelengkapan bus dalam menangkal penyebaran Covid-19 sesuai imbauan Gubernur NTB seperti penyediaan masker maupun cairan handsanitizer atau pembersih tangan dari kuman dan bakteri.

Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., di lokasi kepada wartawan menyampaikan hari ini jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dari Kecamatan dan kelurahan melaksanakan strerilisasi dibeberapa tempat fasilitas umum yakni penyemprotan disinfektan baik Full Bus Perum Damri di swete maupun dipasar mandalika bertais kecamatan sandubaye .

Seperti kita ketahui bersama, kata Rizal Ramdhani, Damri merupakan salah satu fasilitas umum yang mengangkut penumpang antar kota baik kabupaten maupun provinsi.

Untuk itu, pihaknya melakukan penyemprotan sebagai upaya mengatisipasi dan mencegah penyebaran dari virus Corona sehingga bisa meminimalisasi penyebaran Covid-19 di NTB.

Sampai saat ini, di NTB sudah ada dua orang dinyatakan positif Covid-19 di Lombok Timur dan masih menjalani perawatan intensif di RSUD Provinsi NTB.

“Yang paling optimal untuk menekan agar tidak bertambah yakni dengan pencegahan,” terang orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB tersebut.

Danrem juga berharap agar masyarakat proaktif mengikuti imbauan pemerintah untuk membatasi diri dari kegiatan-kegiatan yang sifatnya seremonial dan mengutamakan lebih banyak di dalam rumah.

“Amankan dan yakinkan keselamatan keluarga dengan tetap berada di dalam rumah,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Penerangan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., menjelaskan kegiatan yang sama juga dilakukan serentak di seluruh Kodim jajaran Korem sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran Covid-19 di NTB.

“Jadi hari ini seluruh juga melaksanakan strerilisasi di tempat-tempat umum yang dianggap rawan penyebaran virus Corona,” ujar Dahlan.

Dahlan juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan badan dan lingkungan, mengikuti imbauan pemerintah untuk tidak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengumpulkan orang banyak serta menjaga jarak dalam berkomunikasi.

Danrem 162/WB Distribusikan Bantuan APD dari BNPB RI

6b25518e-400a-4786-aa6b-8b3a317e75ab

Mataram – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., mendistribusikan bantuan alat kesehatan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI sebanyak 10 box di Hall Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Selasa (24/3).

Pendistribusian alat bantuan kesehatan dengan masing-masing box berisi 50 buah tersebut diperuntukan kepada Dinas Kesehatan Provinsi NTB sebanyak 8 box atau 400 unit, Brimob Polda NTB sebanyak 30 buah dan Denkesyah Mataram sebanyak 70 buah.

Danrem 162/WB dalam sambutannya menyampaikan penanganan virus corona atau Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan semua pihak baik TNI Polri dan Pemerintah Daerah untuk bersinergi melawan virus corona yang tergabung dalam gugus tugas Percepatan penanganan corona virus disease (Covid – 19) Provinsi NTB.

Adapun upaya yang sudah dilakukan, lanjut Rizal, berupa sosialisasi bersifat preventif secara serentak yang dilakukan di seluruh Kabupaten Kota se Provinsi Nusa Tenggara Barat yang bertujuan untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar terhindar dari virus corona.

“Jadi tekniknya penerangan keliling menggunakan pengeras suara dan pembagian selebaran berisikan cara atau langkah pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Danrem juga menyampaikan APD yang diserahkan kepada Denkesyah Mataram nantinya akan dibagikan kepada seluruh satuan Kodim jajaran Korem 162/WB sehingga masing-masing satuan memiliki APD sebagai alat pelindung diri apabila ada yang terjangkit Covid-19.

“Mari kita ikhtiar dan berdoa sehingga kita semua terhindar dari terjangkit Covid-19,” pungkas Danrem 162/WB.

Acara pendistribusian APD dihadiri Sekda Provinsi NTB, Kepala Staf Korem 162/WB Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori, Kepala Dikes NTB, Wadan Sat Brimob Polda NTB, Karumkit Denkesyah Mataram, para Kasi, Pasi dan Kabalakyan Korem 162/WB.

Korem 162/WB Lakukan Sterilisasi Personel Dari Covid-19

fb84c546-6349-46bb-849e-28d5a420c276

Mataram – Sebagai salah satu upaya meminimalisasi penyebaran virus corona atau Covid -19 di lingkuang tempat kerja, Komando Resort Militer 162/WB melaksanakan penyemprotan kepada seluruh personel dipintu masuk Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram.

Demikian disampaikan Kepala Penerangan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos., di ruang kerjanya, Selasa (24/3).

Menurutnya, upaya itu dilakukan sebagai langkah konkrit satuan untuk menghindari personel dari terjangkit virus corona.

“Jadi seluruh anggota sebelum masuk ruangan, mereka harus disemprot cairan disinpektan dan sebelum masuk ruangan juga disediakan cairan yang sama untuk membersihkan tangan dari kuman atau sejenisnya,” terang Dahlan.

Kedepan, kata Dahlan, juga akan dilakukan penyemprotan diseluruh ruangan satuan sehingga baik personel maupun tempat kerja terbebas dari virus corona.

“Jika ikhtiar tadi sudah kita lakukan bersama, tinggal berdoa dan menyerahkan diri kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa agar tetap tenang dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi,” tutup ayah dua anak tersebut.

Danrem 162/WB Imbau Masyarakat Patuhi Kebijakan Pemerintah Tentang Penanganan Covid-19

86de1c41-8eb8-4aa2-9c85-33bdc2f0e9f9

Mataram – Rapat koordinasi antar gugus tugas percepatan penanganan corona virus disease (Covid-19) Provinsi NTB yang dipimpin Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE. M.Sc., dihadiri seluruh pimpinan instnasi terkait, tidak terkecuali Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han. bersama Kapolda NTB, Danlanal Mataram dan Danlanud ZAM Rembiga.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di gedung Sankareang Kantor Gubernur NTB membahas kondisi terkini Covid-19 di NTB dan berbagai kemungkinan yang akan terjadi termasuk metode penanganannya yang melibatkan semua pihak.

“Alhamdulillah, hari ini kami menggelar rapat untuk mengantisipasi dan meminimalisasi serta penanganan penyebaran virus corona di wilayah NTB,” ujar Danrem.

Menurutnya, penanganan Covid-19 membutuhkan kepedulian kita bersama-sama dengan melibatkan semua pihak termasuk kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan Pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus covid 19 di wilayah NTB.

“Apabila ada korban dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah dilakukan identifikasi oleh petugas kesehatan, maka harus segera dilakukan langkah-langkah konkrit dengan melokalisasi korban diruang khusus untuk memutus rantai penyebaran virus,” papar Rizal Ramdhani.

Selain itu, Danrem juga mengingatkan masyarakat untuk mematuhi kebijakan social distancing, tidak mengadakan kegiatan-kegiatan keramaian atau yang memungkinkan kerumunan orang termasuk tempat hiburan.

Dijelaskannya, pihaknya bersama Kepolisian mulai minggu lalu (Jumat, red) secara serentak sudah melakukan sosialisasi keliling menggunakan pengeras suara dan membagikan selebaran tentang pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat yang dipimpin langsung pimpinan kedua institusi.

“Ini sebagai salah satu langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus corona,” imbuhnya.

Danrem juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi keluar rumah jika tidak perlu dan tetap berdoa agar wabah virus covid 19 ini cepat dapat teratasi dan dengan penanganan yang baik.

Usai mengikuti rapat koordinasi, Danrem didampingi Pasi Intel Korem 162/WB Mayor Inf Asrofi melakukan pengecekan gudang bulog untuk melihat kesiapan Bulog dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk akibat virus corona di NTB.

Untuk mengetahui informasi terbaru tentang virus corona (Covid-19) di Provinsi NTB dapat diakses melalui https://corona.ntbprov.go.id/.

Danrem 162/WB Instruksikan Jajarannya Bantu Antisipasi Penyebaran Covid-19

04fe495a-6f17-40d3-abda-d561b5f31864

Mataram – Sejak mewabahnya penyebaran virus korona atau Covisd-19 dengan adanya informasi masyarakat terjangkit virus tersebut di beberapa daerah. Terkait dengan itu, jajaran Korem 162/WB siap memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk membantu mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 diwilayah NTB.

Demikian disampaikan Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., usai melaksanakan olahraga sepeda bersama istri di seputaran Kota Mataram, Sabtu (21/3).

Selain itu, Danrem 162/WB juga memberikan instruksi kepada seluruh satuan jajarannya untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada Pemda masing-masing bekerjasama dengan instansi terkait baik Kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup maupun BPBD dan lainnya untuk terus melakukan imbauan atau sosialisasi agar terhindar dari Covid-19.

“Alhamdulillah ini sudah mulai berjalan, seperti memberikan imbauan yang dilakukan oleh Babinsa bersama Babinkamtibmas, pembersihan fasilitas umum dan lingkungan yang dianggap rawan penyebaran virus korona, hal itu dilakukan juga untuk mengurangi keresahan ditengah masyarakat dengan banyaknya informasi yang beredar dan kadang menyesatkan,” ungkapnya.

Alumnus Akmil 1993 tersebut juga memberikan beberapa tip untuk terhindar dari virus korona antara lain :
Pertama, rajin cuci tangan;
Dua, jaga pola hidup sehat;
Tiga, konsumsi makanan memadai;
Empat, perbanyak makanan yang berserat dan mengandung vitamin C;
Lima, hindari keramaian atau jaga jarak instraksi sosial;
Enam, hindari kunjungan ke tempat-tempat yang rawan terjangkit virus; dan
Tujuh, berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Mari kita jaga diri Kita keluarga masing masing laksanakan tip yang diimbau pemerintah sebagai bagian dari ikhtiar dan upaya Kita bersama , in syaa Allah semoga kita semua terhindar dari virus korona,” tutupnya.

Danrem 162/WB : “Sinergitas TNI Polri di NTB Imbau Masyarakat Cegah Penyebaran Covid-19”

69df1e3e-6525-4927-90ab-621379a8940f

Mataram – Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan virus corona atau Covid-19, anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Nusa Tenggara Barat berkeliling keluar masuk kampung dan desa dengan mengendarai kendaraan motor lengkap dengan pengeras suara ke untuk memberikan sosialisasi pencegahan virus atau wabah corona.

Anggota TNI dan Polri memberikan imbauan kepada masyarakat agar bekerjasama untuk sama-sama mengantisipasi mencegah penyebaran covid-19 yang saat ini mewabah luas. Terlihat mereka memberikan lembaran kertas berisi langkah atau tip pencegahan Covid-19 diantaranya, menjaga pola hidup sehat dengan olarahraga yang cukup, jaga kebersihan lingkungan, komsumsi makanan yang fresh dan sehat, istirahat serta tidur yang cukup.

Selain itu juga diimbau jangan panik dan kalap apabila ada indikasi terjangkit Covid-19 agar segera menghubungi petugas kesehatan terdekat untuk mendapatkan informasi yang jelas dan jangan mudah percaya terhadap informasi yang tidak jelas sumbernya.

Kurangi kegiatan diluar rumah yang tidak perlu, kurangi kontak dengan orang lain dalam keramaian yang lebih dari 30 orang dan tetap selalu berikhtiar dan berdoa agar terhindar dari Covid-19.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., mengimbau agar masyarakat mengikuti seluruh kebijakan Pemerintah dalam memerangi penyebaran virus corona dan tetap tenang dalam menghadapi penyebaran virus corona.

Lebih lanjut Danrem mengimbau agar masyarakat tenang dan tidak panik, Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri bersinergi untuk memerangi penyebaran virus covid-19.

“Jajaran TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan imbauan kepada warga agar tetap tenang. Kami juga merangkul masyarakat agar bekerjasama dalam mencegah corona. Pemerintah Daerah bersama TNI Polri akan tetap berada di tengah-tengah masyarakat dalam situasi apa pun,” tutupnya.

Opsgab Pengamanan Hutan di Ropang Amankan Ratusan Batang Kayu Ilegal

4703da39-2938-4e03-a4d3-f3c371e854b3

Sumbawa – Tim operasi gabungan terdiri anggota Koramil 1607-03/Ropang, KPH Ropang dan anggota Polsek Ropang berhasil mengamankan sedikitnya 260 batang kayu olahan yang sudah dalam bentuk bahan bangunan di kawasan hutan tutupan Patihong Desa Ranan Kecamatan Ropang Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3).

Operasi gabungan yang dipimpin Kasi Pengaman KPH Ropang Adnan, S.Hut., sebagai langkah konkret pengamanan hutan di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut berdasarkan laporan satuan jajarannya yang terlibat langsung dalam operasi.

“Kegiatan ini memang terus dilakukan untuk meminimalisasi pembalakan liar yang dilakukan oknum yang hanya mementingkan diri sendiri,” kata Dandim.

Seperti diketahui, sambungnya, kemarin tim gabungan berhasil mengamankan ratusan kayu dan diperkirakan sekitar 22 kubik yang siap diangkut dan digunakan sebagai bahan bangunan.

“Kalau begini terus, bagaimana hutan tidak rusak, dan bahkan menimbulkan kekeringan di musim panas dan longsor atau banjir pada musim hujan,” keluhnya.

Mantan Danyonif Raidersus 744/SYB tersebut meminta kepada KPH selaku penanggung jawab terdepan dalam pengawasan hutan untuk terus melakukan upaya-upaya konkret seperti patroli maupun operasi hutan dengan melibatkan instansi terkait sehingga dapat menjamin kelestarian dan keselamatan hutan.

Selain itu, Dandim juga berharap dan mengimbau masyarakat terutama oknum pelaku illegal loging untuk menghentikan tindakannya merusak hutan karena dampaknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat di sekitar hutan dan bahkan merugikan masyarakat luas.

Barang bukti langsung dimusnahkan ditempat dengan dicacah dan dipotong-potong mengingat jumlahnya yang banyak dan kondisi medan yang sulit dan tidak memungkinkan untuk diangkut.

Adapun jenis kayu Rimas ukuran 10 × 20 × 400 cm sebanyak 110 batang, dan ukuran 10 × 20 × 400 cm sebanyak 85 batang, jenis kayu rimba campuran dengan ukuran 8 × 20 × 400 cm sebanyak 65 batang.