Category Archives: Galeri

Kasrem 162/WB Tutup Diklatsar Bela Negara PT. AMNT

IMG-20220310-WA0048

Lombok Barat – Korem 162/Wira Bhakti telah selesai menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Bela Negara PT. Aman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) Tahun 2022 di Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram dengan tertib, aman dan lancar.

Dalam waktu sekitar 10 hari sejak dibuka pada 1 Maret lalu, para peserta diberikan berbagai materi tentang wawasan kebangsaan, kepemimpinan lapangan, Peraturan Penghormatan Militer dan Peraturan Baris Berbaris (PPM/PBB), Bela Diri Militer (BDM), Navigasi Darat, Teknik Tempur Dasar (Nikpursar), Caraka Malam dan Mountenering baik teori maupun praktek.

Demikian disampaikan Komandan Korem (Danrem) 162/WB dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Korem (Kasrem) 162/WB Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo dalam upacara penutupan Diklatsar Bela Negara PT AMNT Tahun 2022 di Pantai Induk Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, Kamis (10/3/2022).

Danrem 162/WB menyampaikan, Diklatsar ini merupakan upaya untuk mendidik dan melatih kedisiplinan serta menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan merupakan salah satu upaya mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Ia menyebutkan, nilai-nilai dasar Bela Negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara.

“Pelatihan Dasar Bela Negara yang dilaksanakan ini berupa metode latihan dasar untuk membentuk sikap disiplin dan bertanggungjawab, agar para peserta nantinya menjadi pribadi yang berkarakter, disiplin, tegas, profesional serta cinta tanah air,”  paparnya.

Dengan berbagai bekal pengetahuan yang telah diberikan dalam Latihan Dasar Bela Negara ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi para peserta, terutama dalam peningkatan disiplin baik di lingkungan kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu diingat, lanjut Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem, bahwa kedisiplinan diri merupakan pondasi dasar untuk meraih keberhasilan. Kemampuan serta keterampilan yang didasari sikap pantang menyerah dan ketangguhan mental para peserta nantinya akan mengantarkan para peserta sukses dalam berkarier karena mampu manjadi karyawan yang professional.

“Sikap disiplin dan loyalitas yang tinggi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam meraih kesuksesan dan keberhasilan. Tanpa itu, sangat mustahil tujuan dan cita-cita kita dapat tercapai,

Selain itu, para peserta juga harus memiliki wawasan yang luas apalagi di era globalisasi seperti saat ini, dimana arus tranformasi informasi yang begitu pesat mengharuskan kita untuk terus menambah wawasan sehingga kita mampu bersaing dan bersikap adaptif (beradaptasi dengan kondisi yang ada).

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa Bangsa yang akan bertahan dan bahkan berhasil di masa depan adalah bangsa yang adaptif dan inovatif. Bangsa yang berkarakter demikian, menurutnya tentu tidak bersikap dogmatis dan menutup diri dari setiap perubahan dan pembaruan.

Dengan selesainya kegiatan latihan ini, alumni Akademi Militer 1988 itu berharap, para peserta mampu menjadi individu-individu yang memiliki disiplin tinggi dan peka terhadap lingkungan serta bisa menjadi pelopor dan panutan di tengah-tengah bermasyarakat.

“Para peserta harus menularkan semangat Bela Negara kepada masyarakat lainnya, sehingga akan menumbuhkan imunitas bangsa dalam menjaga ketahanan wilayah,” tutupnya. (Penrem162).

Danrem 162/WB Pimpin Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

IMG-20220224-WA0265

Mataram – Reformasi Birokrasi salah satu wujud langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif serta efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan professional sesuai dengan prinsip – prinsip Good Governance.

Dalam hal itu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010 – 2025 pedoman pelaksanaan program reformasi birokrasi Nasional. Maka pemerintah menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama diantaranya yaitu seperti peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintah yang bersih maupun bebas KKN beserta peningkatan pelayanan publik.

Dan untuk mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, salah satunya yang perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas.

“Untuk mendukung upaya tersebut, langkah awal yang dilakukan oleh Korem 162/WB dengan melaksanakan kegiatan pencanangan pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK), wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di lingkungan Korem 162/WB yang dipimpin langsung oleh Danrem 162 Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST., M.Si., di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan No 162 Mataram, dengan jumlah hadir sekitar 80 orang. Kamis (24/02/22).

Dalam sambutannya Danrem mengatakan, bahwa pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK beserta WBBM di lingkungan Korem 162/WB merupakan suatu kesungguhan dan tekad dari Korem 162/WB dalam mengukuhkan diri sebagai bagian dari TNI Angkatan Darat yang mempunyai komitmen untuk mencegah terjadinya praktek KKN disertai dengan upaya untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta reformasi, birokrasi yang transparan akuntabel disatker maupum subsatker jajaran Korem 162/WB,” ucapnya.

Pemberantasan praktek korupsi kolusi dan nepotisme merupakan upaya Korem 162/WB dalam meningkatkan kinerja untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang merupakan target yang telah ditetapkan dalam bentuk institusi TNI Angkatan Darat yang modern,” tegas Alumni Akmil 88.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini hendaknya menjadi penyemangat bagi satuan kerja maupun dalam melaksanakan semua ketentuan sebagai aturan untuk mewujudkan satuan yang WBK dan WBBM tentunya dengan kesungguhan upaya yang optimal.

“Lanjutnya, jauhkan pelanggaran terkait dengan werving pada saat pembukaan penerimaan prajurit TNI, Tamtama, Bintara maupun Perwira.” tegas Jenderal yang akrab dipanggil Miq Rudy.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Kakanwil Kemenkum dan Ham Prov. NTB,Kepala BPKB Prov. NTB,Kepala perwakilan Ombudsman Prov. NTB,Sekda Prov. NTB,Karo Rena Polda NTB,Kakesbangpoldagri Prov. NTB,Kakanwil DJPB Prov. NTB, Kasrem 162/WB,Para Kasi Kasrem 162/WB,Para Dandim se-pulau Lombok,Kepala KPPN Mataram. (Penrem162).

Haru dan bangga Korem 162 melepas purnawiran, yang dirangkai dengan HUT Korem ke 61

IMG-20220224-WA0160

Mataram-
Puncak peringatan HUT Korem 162/WB yang dilaksanakan dengan acara Syukuran di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan No 162 Mataram, Kamis (24/02/22).

Danrem 162/ WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede. S.T., M.Si. dalam sambutannya mengatakan selaku Danrem 162/Wira Bhakti maupun pribadi, mengucapkan selamat ulang tahun ke 61 kepada seluruh warga Korem 162/WB dimanapun berada dan bertugas. Moment hari jadi yang kita lewati setiap tahunnya hendaknya dapat menjadi sarana instrospeksi diri, sehingga kedepan kita dapat menjadi lebih baik lagi, apapun kondisi yang kita hadapi. Bangkit dari pandemi Covid-19 harus menjadi prioritas utama kita bersama, di usia yang sudah tidak muda lagi yakni 61 tahun Korem 162/WB akan selalu berbuat dan memberikan pengabdian yang terbaik untuk kemajuan TNI, bangsa dan negara tercinta.

Semoga pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir agar kehidupan kita dapat kembali normal seperti sediakala. Apalagi menjelang pelaksanaan MotoGP diwilayah kita, tentunya kita semua berharap tidak ada peningkatan kasus Covid-19 diwilayah NTB sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai harapan kita semua, mengingat pagelaran MotoGP ini nantinya dapat memberi dampak positif bagi kebangkitan perekonomian Indonesia pada umumnya dan NTB pada khususnya. Untuk itu, mari kita dukung semaksimal mungkin pelaksanaan kegiatan tersebut, agar dapat berjalan dengan baik. Harap Jendral yang terkenal Low profil.

“Untuk diketahui pelaksanaan peringatan HUT Korem 162/WB ini lain dari tahun tahun sebelumnya karna dirangkai dengan Wisuda Perwira, Bintara dan PNS jajaran Korem yang memasuki masa pensiun. Hal ini sengaja kita rangkai sebagai wujud penghormatan dan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kinerja para Wisudawan selama berdinas dijajaran Korem 162,” terang Jendral kelahiran NTB.

Sementara itu Mayor Inf Purn Januardi salah satu Prajurit yang dilepas karna memasuki pensiun mengatakan, “Merasa bangga dan terharu atas perhatian Komandan Korem kepada kami, ini akan menjadi kenangan yang terindah dalam hidup kami, tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Korem dan semua anggota atas perhatiannya kepada kami,” ucapnya sambil menahan haru.

Terlihat hadir dalam acara tersebut, Kasrem 162/WB Kolonel Inf Sudawo Aris Nurcahyo S.Sos., M.M., Kasirenrem 162/WB Kolonel Kav Eko Hermawan Y, Para Kasi Korem 162/WB, Para Dandim Jajaran Korem 162/WB. Se-Pulau Lombok, Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 162/WB, Danyonif 742/SWY Letkol Inf Andika Baroto Chrishasntantyo. S.IP,Dan/Ka/Pa Balakyanrem 162/WB,Ketua Persit Chandra Kirana Koorcabrem 162 PD IX/Udy beserta pengurus, Perwakilan dari LVRI, Ketua GM FKPPI NTB, Ketua KB FKPPI NTB, Ketua PEPABRI dan Para Personil Jajaran Korem 162/WB. (Penrem162).

HUT Korem 162/WB Ke 61, Danrem Pimpin Ziarah Rombongan

IMG-20220223-WA0090

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korem 162/WB ke 61 tahun 2022, Korem 162/WB melaksanakan ziarah rombongan dipimpin Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigrde. S.T., M.Si. di Taman Makam Pahlawan Majeluk Mataram, Rabu (23/2/22).

Ziarah rombongan yang dihadiri Kasrem 162/WB Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo,Kasiren, para Kasi Kasrem,Dandim Mataram, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka Satdisjan dan Balakyan, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran se Garnizun Mataram, LVRI NTB, FKPPI,PPM serta Persit KCK Koorcab Rem 162.

Kegiatan ziarah ditandai dengan peletakan karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan Majeluk Mataram dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigrde. S.T., M.Si, mengatakan ziarah rombongan dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai, mengormati serta sebagai bentuk terimakasih dan penghargaan kepada para Pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur mendahului kita demi membela bangsa dan negara yang kita cintai sehingga saat ini kita bisa nikmati sebagai bangsa yang merdeka lepas dari belenggu penjajahan kolonialisme.

Menurutnya, melalui kegiatan ziarah rombongan ini diharapkan sebagai generasi penerus bangsa tidak melupakan sejarah, karena bangsa dan negara ini berdiri tidak lepas dari sejarah panjang perjuangan bangsa oleh para pendahulu. Untuk itu, kita wajib mengisi kemerdekaan melalui pengabdian dibidang masing masing dengan hal-hal yang positif dalam melanjutkan cita-cita para Pahlawan yang telah merintis bangsa dan negara ini menjadi bangsa yang besar dan bermartabat dan terus maju sesuai perkembangan zaman guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang Baldatun Toiyabatun Warabunghafur. Sambung Jendral Kelahiran NTB. (Penrem162).

Jenderal Dudung : Korem 162/WB Sukseskan Program Reboisasi di NTB

IMG-20220222-WA0541

Lombok Tengah – Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman dalam kunjungan kerjanya di Pulau Lombok melaksanakan program penghijauan dengan penanaman bibit pohon di Kawasan Ekonomi Khusus Dusun Sereneng Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022).

Penanaman ribuan bibit pohon jenis mangrove, akasia dan pule juga dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede bersama Forkopimda NTB.

Pada kesempatan tersebut, Kasad Jenderal Dudung menyampaikan keberadaannya di Lombok untuk melihat implementasi program pemerintah khususnya terkait dengan reboisasi di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Disebutkannya, di atas lahan seluas 11 hektar ini sudah ditanami sekitar 150 ribu bibit pohon dan untuk wilayah NTB sekitar 400 ribu pohon.

“Ini semata-mata untuk penghijauan yang sangat bermanfaat untuk kendalikan Global warming,” ujarnya.

Selain itu, sambung orang nomor satu di jajaran TNI AD itu, sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama peningkatan oksigen, menjaga kelestarian dan ekosistem lingkungan.

Jendral Dudung juga mengaku bangga atas kiprah Korem 162/WB dan jajaran yang berperan aktif dalam membantu program pemerintah khususnya dalam capaian program reboisasi yang dilakukan Korem 162/WB dan jajaran yang bekerjasama dengan instansi terkait termasuk masyarakat untuk menanam bibit pohon.

Ia juga memerintah satuan jajarannya untuk mendukung keamanan di wilayah ITDC dan NTB pada umumnya sehingga seluruh program pemerintah dapat berjalan aman dan lancar untuk kebaikan kita bersama. (Penrem162).

Kasad Jenderal Dudung : Korem 162/WB Siap Sukseskan MotoGP 2022

IMG-20220222-WA0418

Lombok Tengah – Kepala Staf TNI AD (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrahman bersama Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Setyaningrum dan rombongan sejak kemarin (Senin,red) menggelar kunjungan kerja ke wilayah Korem 162/WB dengan berbagai kegiatan yang sudah disiapkan.

Dihari kedua ini, KASAD bersama rombongan didampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto bersama Forkopimda NTB meninjau kesiapan pagelaran event internasional MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Selasa (22/2/2022).

Setelah tiba di Race Control Sircuit Mandalika, KASAD didampingi Pangdam IX/Udayana dan Danrem 162/WB mengelilingi kondisi sirkuit menggunakan buggy car untuk melihat kondisi route yang akan digunakan para pembalap MotoGP.

Pada kesempatan itu Jenderal Dudung sapaan akrabnya menyatakan keberadaannya di Sirkuit Mandalika untuk melihat dan menyakinkan kesiapan pelaksanaan MotoGP pada Maret mendatang termasuk peran TNI didalamnya.

Korem 162/WB dalam hal ini menurutnya, sangat berperan dalam mendukung suksesnya pembangunan sirkuit Mandalika maupun pelaksanaan pengamanan pada event MotoGP kedepan bersinergi dengan semua pihak termasuk masyarakat sehingga event bergensi tersebut berjalan denga aman dan lancar sesuai harapan semua pihak.

“Jadi Sirkuit Mandalika ini merupakan kebanggaan semua pihak, tidak hanya masyarakat NTB. Untuk itu, Korem dan jajaran harus mendukung sepenuhnya pelaksanaan event MotoGP ini tentunya dengan melibatkan semua pihak,” ujar Jenderal Bintang Empat itu.

Alumnus Akabri 1988 itu juga berharap keberadaan Sirkuit Mandalika dapat memberikan efek positif bagi dunia pariwisata di Indonesia khususnya NTB sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat NTB.

“In syaa Allah jika ini berjalan aman dan lancar maka dapat membantu masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan,” tutupnya.

Sebelumnya, KASAD bersama rombongan juga melaksanakan penanaman bibit pohon pule di bukit 360 bersama Gubernur NTB, Pangdam IX/Udayana, Danrem 162/WB dan Wakpolda NTB. (Peneem162).

Pantau Vaksinasi di Lombok Barat, KASAD Jendral TNI Dudung: Sangat Bagus, Terima Kasih Atas Semua Dukungannya

IMG-20220221-WA0169

Lobar – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Senin (21/2/2022).

Kehadiran Kasad dan Ketum KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan disambut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E.,M.M. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, Dandim 1606/Mataram Letkol Arm. Arif Rahman serta keluarga besar Ponpes Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat.

Selain meninjau Vaksinasi, KASAD beserta Ketum KCK juga memberikan bantuan kemanusiaan kepada peserta vaksinasi dan memberikan santunan kepada pengurus Pondok Pesantren Al-Islahuddiny.

“Alhamdulillah berkat sinergitas TNI-Polri dan pemerintah daerah, Vaksinansi Gotong Royong ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya bangga.

KASAD juga menekankan agar masyarakat, khususnya di Kabupaten Lombok Barat dan NTB secara umum harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga kita semua terhindar dari wabah Covid-19.

“Di NTB rata-rata vaksinasi sudah mencapai 80 persen. Ini sangat bagus. Tapi saya minta gelaran vaksinasi ini harus tetap digalakkan sesuai perintah Presiden Joko Widodo,” tegas mantan Pangkostrad itu.

Sementara Pimpinan Pondok Pesantren Al-Islahuddiny Kediri, TGH Muchlis Ibrahim mengucapkan terima kasih atas kunjungan KASAD beserta rombongan. Di depan KASAD Dudung, TGH Muchlis Ibrahim melaporkan bahwa hari ini di Ponpes Al-Islahuddiny Kediri sudah divaksin 1838 santri dan masyarakat umum. Baik untuk vaksin pertama, kedua dan juga vaksinasi ketiga (Booster).

“Ini suatu kebanggaan bagi kami kedatangan nomor satu di Matra TNI-AD. Dan yang perlu ditekankan bahwa kami di Pondok Pesantren sangat salut dan bangga bisa selalu bersinergi dengan TNI-AD,” katanya penuh bangga. (Penrem162).

Kasad menerima Gelar Kehormatan Prawireng Jaye Bhuwane saat kunjungan kerja ke Lombok

IMG-20220221-WA0192

Lombok Tengah – Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD ) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M mendapatkan penganugerahan gelar adat sasak “Prawireng Jaye Bhuwane” dari Ketua Adat Sasak HL. Wiratmaja.

Penganugerahan gelar adat sasak kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M bertempat di kediaman HL. Wiratmaja yang tak lain mantan Bupati Lombok Tengah di Lingkungan Prapen Kelurahan Prapen Kecamatan Praya Lombok Tengah, pada Senin (21/2/ 2022) .

Dihadapan Kasad dan para tamu undangan yang hadir, Ketua Adat Sasak HL. Wiratmaja yang akrab disapa Mamiq Ngoh ini menyampaikan bahwa penganugerahan gelar tersebut dilatar belakangi karena butuh keamanan.

“Kami berikan gelar Perawireng Jaya Buana” ini yang artinya satria sakti mandra guna, yang mengayom dan melindungi masyarakat di NKRI. Ini untuk menjaga wilayah, sebagai pemimpin,” ucapnya.

Perlu diketahui prosesi penganugerahan gelar kepada Kasad tersebut juga ditandai dengan pemakaian keris yang dilakukan Ketua Adat Sasak HL. Wiratmaja.

Pada kesempatan tersebut Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M menyampaikan rasa bangganya yang telah menjadi warga suku sasak ditandai dengan penganugerahan gelar adat sasak, dan ia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya.

“Ini pertama kali ini selama saya menjadi Kasad dan berkunjung di daerah diberi kehormatan dan dinobatkan sebagai warga kehormatan Sasak dan ini bagi saya merupakan kebanggaan,” ucapnya.

Selain itu, Kasad juga berharap agar kepemimpinan Gubernur Dan Danrem saat ini dapat membawa kesejahteraan dan keamanan yang kondusif di daerah NTB. Harapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Loteng HL. Pathul Bahri mengatakan bahwa HL. Wiratmaja ini adalah mantan Bupati Lombok Tengah dan juga sebagai orang tua.

“Beliau merupakan sesepuh yang menjadi batu pijakan bagi kami dimana banyak yang diwariskan seperti adanya bandara Internasional dan Mandalika Yang kemudian saat ini dirasakan bagi kami,” ucapnya.

Selain itu Pathul juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kasad di Lombok Tengah.

Sementara itu Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah mengatakan atas nama pemerintah Propinsi NTB merasa bangga dan kehormatan karena Kasad sudah berkenan menjadi warga sasak, selain itu juga telah memberikan jabatan kepada Danrem untuk menjadi bintang walaupun tidak bintang empat namun dapat menjadi inspirasi kepada pemuda dan warga NTB.
“Hari kami di Lombok berbahagia sekali menerima beliau sebagai warga sasak,” ucapnya.

Selain itu juga Gubernur menyampaikan pula terima kasih juga atas telah diberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada anak anak NTB untuk menjadi anggota dan perwira Angkatan Darat (AD). (Penrem162).

Pangdam IX/Udayana Beri Arahan Kepada Prajurit Korem 162/WB Beserta Jajaran

IMG-20220217-WA0119

Mataram NTB – Serangkaian kegiatan dalam rangka kunjungan kerja Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E. M.M, dilaksanakan. Salah satu kegiatan tersebut memberi pengarahan kepada satuan – satuan di wilayah Korem 162/WB bertempat di Aula Sudirman Makorem 162/WB yang iikuti oleh segenap Kodim jajaran Korem 162/WB secara Vicon, Kamis (17/02/2022).

Hadir mendampingi Pangdam dalam rombongan tersebut Asren Kasdam IX/Udayana Kolonel Arm Johanes Toar Pioh, Asops Kasdam IX/Udayana Kolonel inf L. Habiburrahim, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf Made Mahaparta, Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antanius Totok Yuniarto, Dandeninteldam IX/Udayana Letkol Kav Angga Nurdayana, ADC Srd Novandhika Satata.

Rombongan Pangdam IX/Udayana tersebut disambut hangat Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si. Turut mendampingi Dandrem 162/WB Kasrem 162 Kolonel Inf Sudawo Aris Nurcahyo S,Sos,MM, para Kasi Kasrem 162/WB, para Dandim Jajaran Korem 162 via virtual, para Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 162, Dantim Intelrem 162/WB Kapten Cbb Wahyu Amri, serta Danki B Yonzipur 18/Yudha Karya Raksaka Kapten CZI Oktria Gatot Wibowo ST.

Dalam arahannya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E. M.M, menjelaskan bahwa secara umum Pangdam IX/Udayana sedang menjalankan dan akan menjalani tugas besar yaitu Pengamanan event-event internasional mulai dari Superbike hingga MotoGP di Lombok serta pengamanan event BDF (Bali Demokrasi Forum) yaitu pertemuan kepala – kepala negara pada Mei mendatang di Bali yang dilanjutkan dengan pertemuan G20 pada November mendatang.

“Oleh karenanya kami berharap agar seluruh keluarga besar Pangdam IX/Udayana untuk bahu membahu secara bersama mensukseskan event internasional sudah di depan mata. Saya berharap pengalaman PON Papua yang berlangsung lancar dapat terjadi di NTB ataupun Bali nantinya,”harap Pangdam.

Disamping itu, melalui kesempatan itu pula Pangdam IX/Udayana tak lupa mengingat kan kepada seluruh jajarannya agar di masa pandemi covid-19 ini kita selalu merasa bersyukur karena di banding dengan negara lain kita Indonesia mempunyai banyak kelebihan terutama kekayaan alamnya.

“Selaku Prajurit sejati, ditengah pandemi seperti ini kita harus tetap hidup sederhana. Saya atas nama pribadi dan kedinasan menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan prajurit yang telah berfikir maju dengan melakukan hal-hal baik untuk masa depannya,”terang Pangdam.

Terakhir arahannya, Pangdam IX berharap kepada seluruh prajurit dan ASN untuk sedapat mungkin menghindari diri dari perilaku berhutang. Hal ini akan mempengaruhi ketenangan kita dalam menjalankan tugas kita sehari-hari.

“Kita boleh berhutang dalam kondisi kebutuhan mendesak tetapi kita harus menolak bila hutang tersebut untuk kebutuhan Konsumtif,”pungkas Sonny.(Penrem162)

Pastikan Kesiapan MotoGP, Pangdam IX/Udayana Tinjau Sirkuit Mandalika dan Hijaukan ITDC Kompleks

IMG-20220216-WA0351

Lombok Tengah – Kunjungan Kerja Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E. M.M., disambut Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., bersama Forkopimda NTB di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) diiringi tarian Gendang Belek TNI Polri dan pengalungan selendang.

Kunjungan tersebut dimanfaatkan Pangdam IX/Udayana dan rombongan meninjau lokasi penanaman pohon mangrove yang diselenggarakan Kodim 1620/Loteng di Indonesian Tourism Development Coporation (ITDC) Kompleks Dusun Serenang Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (16/2/2022).

Setelah menerima paparan dari Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmawan, Pangdam IX/Udayana bersama rombongan didampingi Danrem 162/WB, Forkopimda Loteng dan GM PT. ITDC melaksanakan penanaman secara simbolis bibit pohon mangrove di atas lahan seluas 11 hektar.

Pangdam IX/Udayana dalam wawancaranya dengan awak media menyampaikan hari pertama kunjungan kerjanya di NTB ini, selain meninjau lokasi penanaman mangrove juga untuk mengecek kesiapan sirkuit Mandalika menghadapi event MotoGP pada Maret mendatang.

Menurutnya, penanaman mangrove di kawasan ITDC merupakan upaya TNI AD untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga kelestarian alam yang bertujuan untuk menahan abrasi daerah pesisir pantai dan kawasan ini kedepan akan menjadi lokasi ekowisata yang terintegrasi dengan sirkuit Mandalika.

“Di lokasi ini nantinya akan didirikan hotel-hotel, dan mangrove ini adalah bagian dari ekowisata untuk daya tarik pariwisata kedepan,” ujar Mayjen Sonny Aprianto.

Terkait kesiapan menghadapi MotoGP, orang nomor satu di jajaran Kodam IX/Udayana ini berharap adanya kesadaran dan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan event internasional tersebut. Karena selain berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata NTB, juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan melaksanakan program vaksinasi nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebagai informasi, Kodim 1620/Loteng bersama Dinas Lingkungan Hidup, Bapedas dan masyarakat sudah melakukan penanaman mangrove sekitar 45 ribu bibit pohon di atas lahan seluas 9 hektar dan sisanya seluas 2 hektar sudah disiapkan bibit sebanyak 20 ribu bibit pohon.

Usai melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove, Pangdam IX/Udayana bersama rombongan meninjau sirkuit Mandalika dalam rangka mengecek kesiapan pagelaran MotoGP pada Maret mendatang. (Penrem162).