Category Archives: Galeri

Yakinkan Kesiapan Pilkada Berjalan Lancar Dandim 1628/SB Kunjungi KPU Sumbawa Barat

IMG-20201202-WA0099

Sumbawa Barat – Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa Barat akan digelar oleh KPUD Sumbawa Barat Pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, tentunya kita semua berharap agar seluruh tahapan dapat berjalan dengan lancar sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Sehubungan dengan hal tersebut steakholder terkait di Kabupaten Sumbawa Barat terus melakukan Koordinasi lintas sektoral khususnya dengan penyelenggara Pemilukada, KPUD Kabupaten Sumbawa Barat untuk meyakinkan kesiapan seluruh rangkaian tahapan pemilukada dapat berjalan dengan baik seperti yang dilakukan oleh Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST, M.IP., bersama Kapolres Akbp Herman Suriyono S.I. K., M, K., dan Kajari Sumbawa Barat berkunjung ke Kantor KPUD Kabupaten Sumbawa Barat dan juga mengecek kesiapan Logistik Pemilu serta Apd digudang logistik KUPD KSB di jalan lintas telaga bertong taliwang sumbawa barat, Rabu (2/12/2020).

IMG-20201202-WA0100

Pada kesempatan tersebut ketua KPUD Kabupaten Sumbawa Barat Denny Saputra didepan awak media menyampaikan Apresiasi serta terimakasih atas dukungan serta kerjasama dari TNI – Polri dan steakholder terkait serta semua pihak yang terus memberikan dukungan suport untuk kesuksesan penyelenggaraan setiap tahapan pilkada di KSB, ungkapnya.

Termasuk salah satunya kegiatan hari ini KPUD melaksanakan kegiatan bimtek sosialisasi serta simulasi tata cara penyelenggaraan pemungutan suara dan penghitungan suara yang harus berpedoman dan menerapkan Sop protokol kesehatan Covid -19 sehingga harapanya seluruh petugas dapat memahami serta dapat di sosialisasikan serta diterapkan pada saat kegiatan hari H, dengan harapan pemilukada berjalan lancar dan tetap aman dari penyebaran Covid -19, Jelas Denny.

Sedangkan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi ST, M.IP saat mengecek kesiapan logistik, meninjau kegiatan bimtek dan simulasi Pilkada menjawab pertanyaan wartawan menyampaikan bahwa TNI Bersama Polri siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pesta Demokrasi Rakyat dalam pemilukada serentak tahun 2020 khususnya di kabupaten Sumbawa Barat agar dapat berlangsung jujur, adil, aman tertib dan lancar serta kondusif, tegasnya.

Serta mengharapkan dukungan kepada seluruh masyarakat Sumbawa Barat agar dapat berpartisipasi baik dalam menyalurkan aspirasi dengan tetap patuhi Sop protokol Covid -19 serta bersama sama menjaga kondusifitas wilayah perbedaan pilihan hal yang wajar dalam berdemokrasi tidak untuk pertentangan yang bermuara pada instibilitas serta kondusifitas wilayah, tentunya kita tidak inginkan hal hal yang akan menguras energi positif kita terjadi tapi sebaliknya mari kita jadikan perbedaan sebagai kekuatan dalam bersama sama membangun di kabupaten Sumbawa Barat lebih maju lagi dimasa masa mendatang, imbaunya.

Jangan lupa kita ada program lomba TPS maras saat pemungutan suara hal ini sebagai salah satu upaya dalam memberikan semangat kepada petugas di TPS termasuk masyarakat setempat untuk bersama sama dapat mendukung suksesnya jalannya semua proses pemungutan serta penghitungan suara pada pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Sumbawa Barat, pungkas Dandim

Dandim Loteng Silaturahmi Dengan KBT Samakan Visi Misi di Era Kekinian

IMG-20201202-WA0088

Lombok Tengah – Sebagai bentuk pembinaan Komunikasi social dengan Keluarga Besar TNI (KBT) yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP menggelar acara silaturahmi dengan para KBT bertemakan “Aksi nyata bela negara keluarga besar TNI (KBT) di era kekinian”, bertempat di Aula Serba Guna Makodim 1620/Loteng, Rabu (02/12/2020).

Acara tersebut bertujuan mewujudkan hubungan antara Prajurit TNI AD dengan keluarga besar TNI yang lebih harmonis serta menumbuhkan kesadaran bela negara bagi organisasi keluarga besar TNI.

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratwan, S.IP mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk wahana meningkatkan silaturahim dan kebersamaan antara Kodim 1620/Loteng dengan keluarga besar TNI yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

IMG-20201202-WA0089

“Kita mencoba untuk saling tukar informasi menyamakan misi visi dan persepsi tentang berbagai persoalan yang dihadapi baik dalam konteks kehidupan kebangsaan maupun masalah pembinaan ke wilayah yang menjadi tugas pokok Kodam 1620/Loteng,” ungkap Dandim.

Selain itu, semakin tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD, maka sudah saatnya TNI AD untuk kembali meningkatkan perhatiannya terhadap pembinaan Keluarga Besar TNI khususnya terhadap organisasi masyarakat yang merupakan kepanjangan tangan TNI AD di setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Lahirnya keluarga besar TNI di masyarakat untuk mewujudkan ciri-ciri kepribadian TNI dalam kepribadian pemuda sehingga TNI ikut bertanggung jawab atas pembinaan masyarakat ssuai dengan arah dan pengabdian TNI yang berpegang teguh pada komitmen semangat mengabdi hanya kepada bangsa dan Negara,” jelasnya.

Terakhir, Dandim mengajak Keluarga Besar TNI untuk sama-sama bersepakat memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan membantu mensosialisasikan protokol kesehatan covid-19.

“Saya berharap KBT yang ada di Lombok Tengah membantu pemerintah bekerjasama dengan semua unsur di wilayah mensosialisasikan protocol kesehatan kepada masyarakat . Sehingga kita secara bersama-sama dapat menjaga dan menciptakan wilayah yang sehat, kondusif dan harmonis,” pungkasnya.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut para Perwira staf Kodim 1620/Loteng, Danramil jajaran Kodim 1620/Loteng dan masyarakat keluarga besar TNI di Kabupaten Lombok Tengah.

Hadiri Anev Tahapan Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat, Ini Harapan Dandim 1628/SB

IMG-20201202-WA0013

Sumbawa Barat – Pesta Demokrasi Pilkada di Kabupaten Sumbawa barat akan digelar bersama tujuh kabupaten Kota lainnya se NTB yang rencana akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Menghadapi Pesta Demokrasi Pemilukada di kabupaten Sumbawa barat yang akan diselenggarakan oleh KPUD Kabupaten Sumbawa barat serta dibantu steakholder lainnya untuk suksesnya pesta demokrasi rakyat yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali, menjadi ajang penyaluran aspirasi politik masyarakat.

Terkait hal tersebut bertempat di Kedai Sawah Kec. Taliwang Kab. Sumbawa Barat telah berlangsung kegiatan Anev Tahapan Pilkada Kab. Sumbawa Barat terkait ketertibaan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan seluruh tahapan pilkada yang dihadiri oleh Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.I.K, M.H., Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, S.T. M.IP., Sekda Kabupaten Sumbawa barat H Abdul Azis, SH. M.H., Ketua KPUD Kab Sumbawa Barat Deni Saputra S.Pd, Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa Barat Karyadi, Kadis Kes Kabupaten Sumbawa Barat H. Tuwuh, S.Ap. Selasa (1/12/2020).

Pada kesempatan tersebut Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi S,T M.IP. Menyampaikan Bahwa TNI / Polri dalam hal ini Siap mendukung terciptanya Pemilukada Kabupaten Sumbawa Barat yang tertib, aman dan lancar untuk itu kegiatan anev ini menjadi salah satu upaya steaholder terkait di Kabupaten Sumbawa Barat bersinergi untuk mewujudkan jalannya Pesta Demokrasi Rakyat berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga dapat mengevaluasi setiap tahapan pilkada yang telah dilaksanakan, akan dilaksanakan saat hari penjoblosan termasuk nantinya saat penentuan hasil penghitungan akhir dan penetapan pemenang dalam pilkada nantinya.

Selain itu lanjut Dandim, pelaksanaan pilkada kali ini agak berbeda karena kita masih ditengah bencana non alam yakni covid -19 sehingga selain membahas tehnis kesiapan penyelenggaraan jalannya pemungutan suara pemilihan kepala daerah juga menjadi atensi kita bersama terkait penerapan Sop kesehatan disetiap tahapan pilkada termasuk saat di masyarakat berada di TPS sehingga dibutuhkan semangat kebersamaan dalam upaya mensosialisasikan tata cara penerapan Sop Protokol kesehatan Cegah dan Putus Matarantai covid -19 dengan harapan kita dapat mencegah terjadinya kalster baru penyebaran Covid -19 di Kabupaten Sumbawa Barat, Karena kita semua berharap Pemilu Kada dapat berjalan dengan baik serta memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat agar masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya secara langsung, bebas dan rahasia serta aman dari Covid -19.

Sedangkan Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono S.I.K, M.H.,yang sebelumnya menyampaikan Kegiatan anev ini sudah dilaksanakan lima kali pertemuan kita berharap dapat mencegah adanya permasalahan pada seluruh tahapan pilkada, mengingat tahapan
kampanye tersisa 4 hari lagi, dan untuk tanggal 3 Desember akan dilaksanakan debat publik, sampai saat ini sedang dikoordinasikan dengan pihak penyelenggara, ujarnya.

“Terkait dengan logistik ada beberapa barang belum tiba diharapkan ketua KPU dapat terus meyakinkan kepastian waktu sehingga seluruh perangkat pemilukada siap tergelar untuk menghindari adanya kendala saat pelaksanaan dihari H nya,” tegas Kapolres.

Untuk kegiatan lomba TPS MARAS yang akan digelar menyemarakan giat pilkada nanti memiliki indikator 4 penilaian. diharapkan setiap TPS di Kab. Sumbawa barat dapat mengikuti kegiatan ini, karena bertujuan untuk meningkatkan semangat para petugas di TPS dengan harapan antusiasme masyarakat dalam mengikuti pesta Demokrasi di hari pemungutan suara dapat mengikuti setiap ketentuan yang telah disosialisasikan termasuk jadwal waktu yang telah ditentukan di TPSnya masing masing.

Sementara Ketua KPUD Deni saputra menyampaikan terkait dengan Logistik sudah siap, ada beberapa item yang belum datang, dan sedang dalam perjalanan karena dicetak diluar KSB dan rencana tanggal 3 dan 4 Desember sudah mulai mendistribusikan logistik Pemilu termasuk APD ketiap tiapTPS.

Penyampaian dari Ketua Bawaslu KSB Karyadi mengatakan bahwa dengan keterbatasan Pengawas Bawaslu yang bertugas di TPS diharapkan TNI dan Polri dapat membantu sesuai kapasitas dan ketentuan membantu mengarahkan masyarakat agar pelaksanaan Pemilukada berlangsung tertib aman sesuai harapan kita bersama dan jika ditemukan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada agar semua diserahkan sesuai ketentuan berlaku.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah, S.H, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat Iwan Sugianto S.H., Seluruh Danramil Kab. Sumbawa Barat, Seluruh Kapolsek dan Perwira Polres Sumbawa Barat, serta perwakilan steakholder terkait lainya.

Dandim dan Kasdim Loteng Pantau Debat ke Dua Pilkada Loteng

IMG-20201202-WA0009

Lombok Tengah, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP bersama Kasdim Mayor Inf Dian Aksmiyandita turun langsung memantau acara Debat ke dua Pilkada Lombok Tengah tahun 2020 yang digelar di Dmax Hotel, Jalan Raya Bypass BIL Penujak, Senin malam (30/11/2020).

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas, S.IP mengatakan pihaknya hadir di acara Debat Pilkada putaran ke dua ini ingin melihat pelaksanaan Prokes Covid-19 berjalan dengan baik.

“Pelaksanaan Prokes ini harus terus kita pantau agar di pilkada ini tidak ada klaster baru,” jelasnya.

Selian itu, Dandim ingin melihat kesiapan anggotanya yang melaksanakan pengamanan bersama Polri dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

“Biasa dalam kegiatan seperti ini dilakukan untuk mengontrol anggota kita di titik-titik dimana kita menempatkan keamanan, tugas-tugas keamanan, baik itu TNI maupun Polri” ujarnya

“Malam hari ini saya hadir ingin melihat kesiapan anggota kita apakah mereka siap dalam melakukan pengamanan,” imbuhnya.

Sementara Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf Dian Aksmiyandita mengatakan komposisi pengamanan dari Kodim 1620/Loteng untuk acara debat kedua pilkada Loteng sebanyak 115 personil yang bergabung dengan Polres Loteng.

“Tidak ada perubahan jumlah personil yang dilibatkan malam ini seperti acara debat pertama dan saya berharap seluruh pihak khususnya masyarakat Loteng untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan situasi kemananan tetap terjaga,” pungkasnya.

Jelang Pemungutan suara, Dandim Lombok Tengah Kunjungi Gudang Logistik KPU

IMG-20201202-WA0004

Lombok Tengah – Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pengamanan maksimal pada pelaksanaan Pilkada Lombok Tengah terutama menjelang pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP melakukan kunjungan ke gudang logistik Pilkada 2020 di Aerotel Jalan Gajah Mada Praya Kabupaten Lombok Tengah, Rabu 1 Desember 2020.

Kunjungan yang dilakukan Dandim tersebut diterima oleh Sekretaris KPU Lombok Tengah I Gede Suantara.

Dihadapan wartawan, Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP menerangkan bahwa kunjungannya ke gudang logistik ini merupakan bagian dari pengamanan yang dilakukan oleh TNI dalam proses pelaksanaan Pilkada Loteng tahun 2020. Sehingga pelaksanaan Pilkada Lombok Tengah bisa berjalan aman dan lancar sesuai yang diharapkan.

“Saya datang ke gudang logistik pilkada ini, selain ingin tahu sejauh mana kesiapan logistik pilkada dari KPU Loteng, juga ingin memberi semangat kepada KPU Loteng dalam menjalankan tugasnya,” terang Dandim.

Selain itu, mengenai pengamanan logistik saat pendistribusian, pihaknya akan bersama-sama dengan Polres Loteng melakukan pengawalan dari gudang logistik sampai ke TPS.

“Jadi nanti dari Kodim bersama Polres akan mengawal pendistribusian logistik sampai ke TPS,” jelas Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan.

Disinggung mengenai langkah saat masa tenang, Dandim lulusan akmil 2002 ini menegaskan bahwasanya hal ini sudah dibahas bersama dengan Kapolres untuk melakukan langkah-langkah bersama seperti patroli bersama saat masa tenang.

“Patroli-patroli bersama dengan kepolisian nantinya agar menjaga masa tenang ini benar-benar menjadi masa tenang, bukan menjadi masa tidak tenang. Dan ini dilakukan di semua wilayah Lombok Tengah,” tegasnya.

Dandim berharap pelaksanaan Pilkada di Lombok Tengah ini dapat berjalan dengan damai, aman dan kondusif.

Dandim Sumbawa: TNI-Polri Siap Dukung Pilkada Yang Damai, Sehat Dan Aman Covid-19 di Sumbawa

IMG-20201129-WA0019

Sumbawa – Simulasi pengamanan pemungutan suara digelar di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa pada Sabtu (28/11/2020) untuk meminimalisir pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar pada bulan Desember 2020 ini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Sumbawa, Dandim 1607/Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa, Danramil 01/Kota Sumbawa, Pasi Ops Kodim 1607/Sumbawa, Kabag Ops Polres Sumbawa, Danki Brimobda Sumbawa, Kasat Pol PP Kabupaten Sumbawa, Para Perwira Polres Sumbawa serta personil gabungan Kodim 1607/Sumbawa dan Polres Sumbawa.

Demikian disampaikan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) di sela-sela kesibukannya, Minggu (29/11/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Letkol Kav. Rudi Kurniawan menyampaikan, bahwa TNI jajaran Kodim 1607/Sumbawa akan terus bersinergi dengan Polri jajaran Polres Sumbawa dan KPU Kabupaten Sumbawa untuk mewujudkan Pilkada tahun 2020 yang aman, damai dan sehat serta bebas dari bahaya penyebaran Covid-19.

“Kami TNI akan mendukung penuh suksesya Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 ini,” pungkasnya.

Selain itu, Dandim juga mengatakan bahwa TNI-Polri akan terus mendukung dan mendorong KPU Kabupaten Sumbawa untuk melaksanakan kegiatan simulasi sampai tingkat Kecamatan dan Desa agar setiap petugas di TPS benar-benar mengerti serta memahami tugasnya pada saat Pilkada, termasuk dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan seperti ini juga perlu dilaksanakan sampai tingkat Kecamatan dan Desa agar petugas di TPS mengetahui tugas dan tanggung jawabnya saat pemungutan suara nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut Rudi Kurniawan menambahkan, menghadapi Pilkada 2020 di Kabupaten Sumbawa TNI akan menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa TNI tidak memihak, tidak ikut dan tidak membantu salah satu pihak dalam Pemilu.

“Kami selaku aparat akan bersikap netral, tugas kami bersama Polri yakni bagaimana mencitpakan situasi aman dan kondusif baik sebelum maupun sesudah Pilkada,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.Ik menyampaikan kerawanan kerumunan akan menjadi permasalahan dan dapat memungkinkan protokol kesehatan tidak diindahkan.

“Para petugas KPU perlu9 meningkatkan kembali pemahaman tentang Prokes kepada petugas Linmas dan anggota di masing masing TPS”, kata Kapolres.

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa Muhammad Keneti mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat memahami tata cara pemungutan suara di masa pandemi Covid-19, sehingga Pilbup Sumbawa akan berjalan aman, damai, sehat dan selamat.

Koramil Jajaran Kodim 1607/Sumbawa Pasang Banner Data Rehab Rekon Pasca Gempa Tahun 2018 di Desa Terdampak

IMG-20201129-WA0041

Sumbawa – Dalam rangka membantu pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengetahui progres rehab rekon dan penerima dana stimulan warga terdampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Sumbawa, Koramil jajaran Kodim 1607/Sumbawa melakukan pemasangan banner data Rehab Rekon Pasca Gempa di beberapa desa yang terdampak bencana alam gempa bumi pada tahun 2018 lalu.

Adapun 10 desa terdampak gempa di empat kecamatan yang telah dipasang banner oleh Koramil jajaran Kodim 1607/Sumbawa sejak Sabtu (28/11/2020) kemarin diantaranya berada di wilayah binaan Koramil 04/Alas yaitu kecamatan Alas Barat di Desa Lekong dan Desa Gontar, Kecamatan Alas di Desa Baru, Desa Juran Alas dan Desa Pulau Burung, kecamatan Buer di Desa Tarusa dan Desa Labuhan Burung, serta di wilayah binaan Koramil 09/Utan Rhee yaitu di Desa Sabedo, Desa Bajo dan Desa Pukat Kecamatan Utan.

“Banner tersebut berisi data jumlah rumah warga penerima bantuan, jumlah Pokmas dan progres pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) sampai saat ini,” terang Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos. M.Tr (Han), Minggu (29/11/2020).

Dandim mengatakan, pemasangan banner data tersebut bertujuan untuk mempermudah dan memastikan agar semua warga mengetahui data yang akurat terkait progres pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) di tiap-tiap desa tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah pusat.

“Dengan Banner Data itu diharapkan masyarakat setempat dapat mengakses langsung informasi sesuai dengan Pokmas di tiap-tiap desa untuk meminimalisir terjadinya kesalahan data, sehingga lebih mudah dikoreksi dan diperbaiki,” terang Rudi.

“Saat pemasangan banner para Danramil, Babinsa dan Kepala Desa hadir bersama di Desa setempat,” imbuhnya.

Cegah Penyebaran COVID-19, TNI-POLRI di Sumbawa Dukung Simulasi Pemungutan Suara Sampai Tingkat Desa

IMG-20201201-WA0010

Sumbawa – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2020 kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dikarenakan akan dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19. Menyikapi hal tersebut, TNI-Polri di Kabupaten Sumbawa bersinergi dengan KPU Kabupaten Sumbawa menggelar Simulasi dalam tahapan pengamanan dan pemungutan suara di TPS dalam Pilkada Kabupaten Sumbawa tahun 2020 dari tingkat Kecamatan sampai tingkat Desa di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Demikian disampaikan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) disela sela kesibukannya, Selasa (01/12/2020)

Dandim menyampaikan, dirinya bersama Kapoles Sumbawa memantau langsung simulasi yang telah terselenggara di 24 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa yang diikuti oleh semua anggota Koramil Jajaran Kodim 1607/Sumbawa dan anggota Polsek Jajaran Polres Sumbawa untuk memastikan pelaksanaan Pilkada pada tanggal 09 Desember 2020 nantinya berjalan sesuai Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kegiatan simulasi sampai tingkat Kecamatan dan Desa seperti ini manfaatnya sangat besar dan harus dilaksanakan dengan Standar protokol kesehatan di masa Pandemi covid-19 agar petugas di TPS mengetahui tugas dan tanggung jawabnya saat pemungutan suara nanti,” ujarnya.

Dandim berharap, KPU Sumbawa bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lebih intens agar masyarakat yang mempunyai hak pilih sampai tingkat Desa/Lingkungan/Dusun bisa menggunakan hak pilihnya serta merasa aman dan nyaman karena tetap dipandu untuk menerapkan protokol covid-19.

Menurutnya, sebagai Satgas Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 pihaknya wajib mengingatkan semua pihak agar pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan aman dan sehat.

“Agar setiap tahapan kegiatan Pilkada bisa berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan para penyelenggara dan yang menggunakan hak pilih wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M),” imbuhnya.

Lebih lanjut Letkol Kav Rudi Kurniawan menambahkan, menghadapi Pilkada 2020 di Kabupaten Sumbawa TNI akan menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa TNI tidak memihak, tidak ikut dan tidak membantu salah satu pihak dalam Pemilu.

“Kami selaku aparat akan bersikap netral, tugas kami bersama Polri yakni bagaimana mencitpakan situasi aman dan kondusif baik sebelum maupun sesudah Pilkada,” tandasnya.

Danrem 162/WB Cek Logistik Pilkada di KPU Kota Mataram

IMG-20201130-WA0063

Mataram – Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., didampingi Dandim 1606/Lobar dan Danramil 1606-09/Ampenan mengecek logistik Pilkada di Kantor KPU Kota Mataram Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (30/11/2020).

Kedatangan Danrem 162/WB disambut oleh Ketua KPU Kota Mataram M. Husni Abidin, S.Ag., selanjutnya langsung melaksanakan pengecekan kotak dan surat suara di gudang KPU termasuk ember untuk protokol kesehatan.

Dalam wawancaranya dengan awak media, Danrem 162/WB mengatakan, pihaknya mengecek logistik Pilkada di gudang KPU Kota Mataram bertujuan untuk menyakinkan bahwa setiap TPS di masing-masing wilayah sudah siap untuk melaksanakan Pilkada serentak tanpa ada kendala dan hambatan.

“Harapan saya pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember 2020 nanti berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta menjadikan suatu contoh kedepan untuk kita semua,” ungkapnya.

Dari pengecekan tersebut menurutnya, semua logistik Pilkada di KPU Kota Mataram mulai surat suara, kotak suara, bilik suara termasuk kelengkapan-kelengkapan lain seperti ember tempat cuci tangan dan APD protokol Covid-19 semuanya sudah lengkap.

“Tadi dari awal kami masuk, pertama yang dicek adalah ember-ember alat kebersihan cuci tangan dan sebagainya sudah kami cek, semua lengkap, kemudian juga surat suara sudah terlihat jelas tidak ada yang sudah tercoblos, masih original dan clear belum ada yang tercoblos, kami cek juga kotak suara serta bilik, suara sudah ada, saya cek kesiapan dari pada kelengkapan-kelengkapan lainnya yang sesuai dengan protokol Covid-19 juga sudah ada seluruhnya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Mataram menerangkan, kotak suara akan didistribusikan di tiap-tiap TPS sehari sebelum hari pencoblosan.

“Petugas akan mengunakan pakaian warna oranye yang sudah disiapkan dari KPU, masing-masing TPS ada tujuh kaos, seluruh KPPS menggunakan faceshield kaca mata, masker, sarung tangan dan baju asmat, masing-masing KPPS ada 9 orang petugas menggunakan masker yang sudah di sediakan KPU,” terangnya.

Usai Rapurna TMMD Ke-41 Tahun 2020, Danrem 162/WB Sampaikan Rencana TMMD Tahun 2021

IMG-20201130-WA0046

Mataram – Rapurna TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-41 Tahun Anggaran 2020 “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” dipimpin Aster Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto, diikuti Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han., melalui video conference (vicon) di Aula Sudirman Korem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Senin (30/11/2020).

Dalam Rapurna tersebut dipaparkan tentang evaluasi pelaksanaan TMMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 dan rencana TMMD tahun 2021.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam wawancaranya dengan awak media menyampaikan bahwa TMMD tahun 2020 yang dilaksanakan di tiga kabupaten/kota di wilayah Korem 162/WB berjalan dengan baik.

“Syukur Alhamdulillah pelaksanaan TMMD di jajaran Korem 162/WB untuk tahun 2020 terlaksana dengan baik di tiga Kodim maupun tiga kabupaten/kota,” ungkapnya.

Kemudian pada tahun 2021, lanjutnya, Korem 162/WB juga akan melaksanakan TMMD di tiga kabupaten di wilayah provinsi NTB diantaranya pada Triwulan I rencananya akan dilaksanakan di kabupaten Lombok Tengah, Triwulan II di kabupaten Dompu dan triwulan IV (terakhir) di kabupaten Bima.

“Insyaa Allah kami juga akan melaksanakannya dengan baik dan mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar,” harapnya.

Menurut Danrem, dari kegiatan TMMD intinya adalah bagaimana meningkatkan silaturrahmi maupun soliditas antara TNI dengan masyarakat, karena dengan bersatunya TNI dengan masyarakat adalah hal yang paling utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kekuatan TNI akan kuat apabila bersama dengan rakyat,” pungkas alumnus Akmil 1993 itu penuh semangat.

Lebih lanjut Brigjen TNI Rizal Ramdhani menambahkan, terkait dengan upaya jajaran Korem 162/WB untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 yang pelaksanaannya berbeda dari biasanya karena dalam situasi pandemi Covid-19, dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh Dandim, Danramil dan Babinsa jajaran Korem 162/WB agar membantu dengan semaksimal mungkin untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 ini.

“Kami akan melaksanakan sosialisasi simulasi pencoblosan Pilkada serentak mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 9 Desember nanti terlaksana dengan baik karena masyarakat sudah tereduksi dengan baik dan melaksanakan pencoblosan sesuai dengan protokol COVID-19,” tandasnya.

Hadir bersama Danrem 162/WB mengikuti vicon tersebut, para Dandim jajaran Korem 162/WB, Kasubbit Bima, Kepala DMPD Dompu, Kesbangpol Kabupaten Dompu, Kadis BPMP Kabupaten Lombok Tengah, Kepala Bidang Sosial Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Lombok Tengah, Asisten pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Bima.