Kodim 1615/Lotim Latih Paskibraka Lotim

IMG-20220513-WA0397

Lombok Timur – Persiapan menyambut HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 sudah mulai dilakukan terutama pasukan pengibar bendera kabupaten (Paskibraka). Para pelatih dari Kodim 1615/Lotim, Polres Lotim dan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Lombok sudah beberapa hari mulai melakukan pelatihan kepada para calon Paskibraka di lapangan Tugu Selong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur.

Demikian disampaikan Peltu Sugeng Widodo Babinsa Waringin Koramil 1615-01/Selong disela-sela latihan, Jumat (13/5/2022).

Dijelaskannya, pelatihan tersebut diberikan setelah melalui seleksi kepada calon Paskibra dari berbagai sekolah khususnya SMA sederajat yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

“Alhamdulillah dari hasil seleksi ini kita ambil sebanyak 36 siswa dari seluruh sekolah yang memenuhi persyaratan sebagai Paskibraka,” ujarnya.

Ia bersama rekan-rekannya saat ini sedang menyiapkan 22 orang dari 36 calon Paskibraka yang terdiri dari 11 putra dan 11 putri untuk mengikuti seleksi tingkat Provinis NTB hingga nasional. “In syaa Allah mudah-mudahan mereka bisa lulus seleksi tingkat provinsi dan bahkan tingkat nasional sebagai perwakilan dari Kabupaten Lombok Timur,” harapnya.

Untuk mendukung kesiapan itu, Sugeng bersama rekan-rekan pelatihnya memberikan pembinaan fisik dan meteri pembekalan kepada para calon Paskibra yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi pada pekan depan.

Adapun pembinaan fisik yang diberikan seperti lari, pasukan baris-berbaris dan latihan penghormatan untuk melatih disiplin, kekompakan dan kebersamaan sehingga tercipta rasa tanggung jawab yang sama diantara mereka untuk mewujudkan keberhasilan tugas. Sedangkan pembekalan materi yang diberikan seperti wawasan kebangsaan, Ideologi Pancasila, seni budaya NTB dan pengetahuan umum.