Kodim Loteng Bersama Polres Melakukkan Pengamanan Launching Lantan 459 IMC

IMG-20220509-WA0196

Lombok Tengah – Puluhan anggota Kodim 1620/Loteng bersama polres Loteng dan istansi terkait melaksanakan pengamanan Lebaran Ketupat di Desa Lantan kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah, (9/5/2022), dalam rangka Launching latihan resmi Lantan 459 Internasional Motorcross Sircuit.

Pengaman yang dilakukkan meliputi jalur menuju dan area sirkuit untuk memberikan rasa aman dan kelancaran acara launching yang melibatkan seluruh unsur se kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan yang di prakarsai oleh Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri itu bertujuan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan perekonomi masyarakat Lombok Tengah khususnya bagian utara.

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan S.IP,  mengatakan, acara Launching tersebut diawali dengan makan ketupat bersama, penyerahan piagam penghargaan bagi pelaku UMKM Lombok Tengah oleh bupati Loteng serta penyerahan Lisensi internasional motorcros oleh ketua IMI indonesia kepada bupati Lombok Tengah.

Pembangunan sirkuit lantan dibangun dari anggaran non APBD atau dengan menggunakan dana dari para donatur yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan Lantan 459 sirkuit Internasional motorcross.

“Semoga dengan adanya sirkuit ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lombok tengah baik pelaku UMKN, pedagang kecil maupun pedagang kaki lima khususnya bagian utara”, ungkapnya.

Sementara Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan, Lantan 459 Internasional Motorcross Sircuit merupakan sirkuit milik masyarakat Lombok tengah. Di bagian selatan ada Sirkuit MotoGP dan di bagian utara ada 459 Sirkuit Internasional Motorcross.

“Harapannya semoga ini bisa menjadi promosi wisata dikawasan Lombok selatan dan pembangunan sirkuit ini membutuhkan uang manakala ini akan menjadi murah apabila kita bersama sama mensuksesknya,” jelas Bupati.

Selain menjadi promosi atau daya tarik wisata juga menjadi penyeimbang perekonomian masyarakat dan harapannya Lantan 459 IMC kedepan bisa mencetak para pembalap pembalap andalan dari NTB terlebih masyarakat Lombok tengah,” terangnya.

Selain itu, Gubernur NTB H. Zulkiefli Mansyah mengatakan Event MotoGP menjadi acuan kita sebagai promosi untuk meramaikan Motorcross Grand Prix (MXGP) Lantan 459 Internasional sircuit

“Tiga hari menjelang motogp, tiga hari pelaksanaan MotoGP dan tiga hari setelah pelaksanaan MotoGP sekitar 667 milyar uang yang beredar” ungkapnya.

Harapannya di daerah utara ada sircuit motorcross bisa menjadi pusat keramaian sebagai penggerak perekonomian masyarakat NTB umumnya dan Lombok Tengah Khususnya.

“Semua ini berkat spirit dan dukungan masyarakat Lombok Tengah yang telah memberikan yang terbaik dan sirkuit ini harus terus dijaga dengan harapan semoga bisa menggelar even balapan 2  bulan sekali dan kami siap mendukung semuanya,” tutup Gubernur.