Korem 162/WB Tingkatkan Silaturahiim Guna Cegah Dan Minimalisir Transmisi Lokal Covid-19 Melalui Komsos Dengan Komponen Masyarakat

98c78ddc-aca2-4e48-9e39-ddf60dc20f4c

Mataram – Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu tanda ketaqwaan seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Allah SWT bahkan menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang selalu menjaga tali silaturahmi dengan sesamanya, khususnya dengan orang tua, kerabat dan anggota keluarga.

Sebagai mahluk sosial kita tidak dapat terlepas dari kegiatan sosialisasi. Komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga akan tercipta suasana yang aman, nyaman dan damai. Banyak permasalahan terjadi di masyarakat yang disebabkan kurangnya komunikasi antar masyarakat atau yang sering disebut dengan miskomunikasi.

Hal itu disampaikan oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, dalam sambutannya saat membuka kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Aula Sudirman Makorem 162/WB Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Jumat (17/7/2020).

e75eeb61-ff27-42f8-9efe-55cdd3675334

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan tidak hanya sebagai ajang silaturrahmi, namun juga untuk memelihara dan meningkatkan keakraban hubungan antara Korem 162/WB dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga akan memperkuat hubungan emosional antara TNI dan seluruh elemen bangsa, guna terwujudnya NKRI yang berdaulat dan sejahtera.

“Perlu diketahui, bahwa tugas pokok TNI dalam Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yaitu TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara,” jelasnya.

Peran tersebut, lanjut Danrem, dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

cff7a16b-a784-4abe-99ed-f6d3747d8878

Menurutnya, pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini, seperti wabah covid-19 yang hingga saat ini masih melanda di berbagai wilayah Indonesia, bahkan yang menjadi trend penyebarannya saat ini adalah melalui transmisi lokal, bukan lagi migran atau pendatang.

“Covid-19 ini adalah pendemi dunia, dengan pandemi dunia ini khususnya NTB, Kota Mataram sampai saat ini menjadi penyumbang Covid-19 hampir 60% di NTB, maka diperlukan peran Toga, Todat, Tomas dan Tokoh pemuda untuk melakukan sosialisasi dan pendisiplinan protokol covid-19 kepada masyarakat,” punkasnya.

Untuk itu, Brigjen Rizal Ramdhani berharap, melalui kegiatan tersebut para tokoh yang hadir dapat menjadi motivator bagi masyarakat lainnya, sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat untuk lebih peduli dengan sesama serta peduli dengan keutuhan bangsanya. TNI khususnya Korem 162/WB berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat guna kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara.

“Mari kita bangkit bersama, dan bekerja keras untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, khususnya di wilayah NTB, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal, Perekonomian lancar, keamanan terjaga, dan masyarakat sejahtera, untuk menuju NTB gemilang,” ajak Alumni Akmil 1993 itu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Rizal Ramdhani menyampaikan kepada seluruh peserta Komsos untuk memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, selain untuk memperoleh ilmu juga untuk berdiskusi agar berbagai permasalahan yang terjadi khususnya di wilayah kita dapat terselesaikan dengan baik.

Hadir pada acara tersebut Kasrem 162/WB dan Para Kasi Korem 162/WB.