Kunjungan Rektor UTS ke TMMD 108 KSB : Kehadiran TNI dan Mahasiswa Berdampak Positif Bagi Seminar Salit

IMG-20200725-WA0015

Sumbawa Barat – Kehadiran prajurit TNI dan mahasiswa dalam TMMD 108 di Desa Seminar Salit Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berdampak baik bagi desa tersebut. Selain berdampak positif bagi kehidupan masyarakat juga merubah fisik desa menjadi lebih baik.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin pada acara kunjungan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa ke lokasi TMMD 108.

Dalam kunjungan itu, Dandim 1628/SB bersama Rektor UTS Chairul Hudaya, PhD, didampingi Kasdim 1628/SB Mayor Inf Achmad Nuroddin Hidayat, S.Sos, Danramil Sekongkang Kapten Cba Agus, S.H, Danramil Taliwang Kapten Inf I Nyoman Suarka, Pasiter Kodim Kapten Inf A. Baidawi, beserta mahasiswa Undova dan UTS kurang lebih 25 orang.

“Masyarakat Seminar Salit mendapat pelajaran baru, ilmu baru, inovasi baru serta semangat baru dengan adanya TNI dan mahasiswa ini,” ucap Khairuddin saat memberikan sambutan selamat datang atas kunjungan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa, Sabtu (25/7).

IMG-20200725-WA0013

Selain itu, dengan program TMMD 108 ini telah merubah tampilan fisik desa menjadi lebih baik dari sebelumnya. “Masyarakat di sini berubah drastis, mereka mulai sadar dan selalu memperhatikan protokol ksehatan,” katanya.

Semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh TNI-Polri dan mahasiswa Universitas Cordova dan UTS mengajarkan kepada masyarakat bahwa kerja sama adalah cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan baik.

Dijelaskan Kades, mahasiswa juga berhasil memberikan bimbingan kepada anak-anak dengan penyampaian materi yang inovatif, sehingga anak-anak menjadi semangat dan tidak bosan.

“Mulai dari jalan masuk desa ini sudah terdapat papan nama dan petunjuk arah, ini hasil karya mahasiswa yang kelihatan sepele tetapi sangat informatif,” ungkapnya.

IMG-20200725-WA0011

Ia sangat berterimakasih karena para mahasiswa juga ikut membantu pihak desa dalam menyusun profil desa dan kegiatan lainnya.

Kades mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI-Polri dan mahasiswa yang telah membangun desa menjadi lebih baik seperti sekarang ini.

“Semoga ini menjadi amal ibadah yang dicatat dan dibalas pahala yang besar oleh ALLAH SWT,” katanya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD 108 Kodim 1628/SB Letkol Czi Eddy Oswaronto, S.T, juga mengapresiasi semangat dan kerja keras mahasiswa ikut membantu program TMMD.

Menurut Eddy, kehadiran mahasiswa di TMMD 108 ini memberikan warna tersendiri bagi masyarakat Seminar Salit.

“Program KKN mahasiswa ini selaras dengan apa yang dilakukan oleh TNI dalam TMMD ini dengan tema pengabdian untuk negeri,” katanya.

IMG-20200725-WA0014

Ia berharap, para mahasiswa yang ikut dalam TMMD ini nantinya akan menjadi generasi yang kuat dan bermental baja serta disiplin tinggi setelah program ini selesai.

Di waktu yang sama, Rektor UTS Chairul Hudaya, PhD, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa dan Dandim 1628/SB atas izinnya dalam mengunjungi para mahasiswa.

Ia sangat bangga atas pencapaian yang dilakukan para mahasiswanya dalam membantu TNI dan masyarakat membangun desa.

Ia yakin, nama dan jasa para mahasiswa ini telah terpatri di dalam hati masyarakat Seminar Salit, oleh karenanya, atas nama pimpinan ia mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para mahasiswa KKN.

“Terimakasih kepada mahasiswa saya yang tetap semangat dalam kegiatan ini, terimakasih juga kepada pembimbingnya yang telah membuat mereka selalu semangat,” katanya.

Ia berharap, pengalaman yang didapat di TMMD 108 ini dapat diaplikasikan di kehidupan masyarakat lainnya di kemudian hari nanti.

Dalam kesempatan itu, rombongan mengunjungi Sejumlah sasaran fisik seperti pembangunan masjid, jalan strategis dan pembangunan rumah tidak layak huni.